Tujuan Wisata Huta Siallagan

Brothers & Sisters…, bagi yang kebetulan berwisata atau touring ke danau Toba dan pulau Samosir, jangan lewatkan tujuan wisata menarik ini. Namanya Huta Siallagan di Ambarita, pulau Samosir, biasa juga disebut Kursi Batu Ambarita. Tempat ini dapat dicapai dengan mudah. Dari kota Parapat / Tigaraja atau dari Ajibata kita menyeberang ke pulau Samosir dengan kapal atau ferry. Setelah sampai di pelabuhan di pulau Samosir, perjalanan dilanjutkan dengan angkutan umum, atau kalau yang bawa kendaraan ya tinggal tancap gas ke arah kanan menyusuri jalan menuju Ambarita. Jarak tempuhnya tidak terlalu jauh, kurang lebih 15 menit sudah bisa sampai.

Saya dan keluarga pada liburan yang lalu menyempatkan pergi ke tempat wisata ini. Selepas pelabuhan Tigaraja, kita disuguhi pemandangan yang indah kota Parapat dari arah danau…dan kalau kita memandang sekeliling wow…sungguh menakjubkan karya cipta Tuhan.

Huta Siallagan merupakan perkampungan marga Siallagan, di pintu gerbang masuk terpampang tulisan besar bernuansa ukiran khas Batak. Begitu kita masuk kita dapat menjumpai rumah-rumah Batak yang berjejer rapi dengan halaman yang luas. Kita juga akan menjumpai kursi & meja batu di halaman ini, dinaungi pohon yang rindang. Konon kursi batu ini merupakan tempat raja & para tetua berdiskusi untuk mengambil keputusan penting. Di samping kursi batu ini kita dapat menjumpai tempat pasungan, untuk memasung tawanan supaya gak kabur sebelum eksekusi.

Di bagian belakang perkampungan ini kita menjumpai meja & kursi batu lagi yang ukurannya lebih besar. Konon sejarahnya ini adalah tempat eksekusi tawanan pada jaman dahulu. Apabila seorang tawanan dijatuhi hukuman mati, maka tawanan tersebut akan ditaruh di atas meja batu besar tersebut untuk menjalani proses eksekusi yang mengerikan. Tapi itu jaman dulu…..sekarang ya gak lagi lah…! Setelah masyarakat Batak memeluk agama Kristen, prosesi eksekusi tawanan ini dihentikan. Masyarakatnya ramah-ramah kok…

Berikut foto-foto yang saya abadikan…monggo dipirsani..

Narsis di halaman rumah adat Batak

Anak-anak ikutan berpose donk..

Eh..ada mas turis ikutan foto..

Tempat pemasungan tawanan

Tempat eksekusi..seorang guide sedang menjelaskan pd sang turis

Siap meng-eksekusi..!

Pose dulu di pintu gerbang

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Travelling, Tujuan Wisata and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s