Berharap KRL Lebih Baik!!

Brothers & sisters…, pagi tadi saya sempat dibuat kesal oleh keadaan lalulintas di jalan P. Antasari, Jakarta Selatan. Biasanya saya lebih suka berangkat dari rumah naik motor sampai di stasiun Serpong. Motor diparkir di stasiun dan saya melanjutkan perjalanan dengan KRL Sudirman Express, turun di stasiun Palmerah kemudian lanjut dengan taksi untuk sampai ke kantor di bilangan SCBD.

Karena malam nanti ada undangan acara makan malam, maka saya putuskan untuk pergi ke kantor menggunakan mobil supaya pulangnya tidak repot nyari kendaraan. Seperti biasa saya berangkat sekitar jam 6 pagi, masuk tol JORR dan exit sebelum Jl. Fatmawati. Terus menyusuri depan Citos, masuk Jl. P. Antasari dan teruuuus…ke arah Semanggi. Jl. P. Antasari memang selalu padat di pagi & sore hari, tetapi pagi ini sungguh luar biasa..macet panjaaang…mobil hanya bisa beringsut sedikit demi sedikit.. Karena macet lama..sampe2 ada kendaraan yang berciuman..terlalu mepet mungkin, sehingga mencium pantat kendaraan di depannya. Yang dicium ga senang, jadilah ribut di pinggir jalan.. tapi kelihatannya dapat diselesaikan dg damai. Biang kemacetan ternyata putaran dan perempatan yang banyak di sepanjang jalan P. Antasari. Berikut salah satu contohnya:

Metromini berputar arah bikin macet 1/2/2011

Walau kesal tapi ya mau apa lagi…jalan-jalan lain ya sami mawon macetnya… Jam 8 lewat saya baru sampai di kantor, itu bearti 2 jam perjalanan, biasanya 1 jam sudah bisa sampai. Sungguh buang2 waktu, tenaga, dan tentunya bensin…

Kondisi jalanan Jakarta yang semakin ruwet & macet inilah yang membuat saya lebih memilih naik KRL. Sekalipun KRL juga masih jauh dari rasa nyaman..! Untuk jurusan Serpong – Jakarta (PP) PT. KAI menyediakan kereta diesel (KRD) ekonomi yang murah meriah, bahkan bayak yg ga bayar… keretanya umumya sudah tua, penuh sesak sampai meluber ke atap, panas…dan beraroma khas tentunya.. Kemudian ada KRL ekonomi, ini juga sama dg KRD ekonomi, tetapi kondisinya sedikit lebih baik. Trus ada KRL Ciujung AC, ini KRL ber-AC yg selalu penuh, tiketnya muraah Rp. 4500 dan berhenti di setiap stasiun yg dilewati. Dan yang paling bagus (seharusnya) adalah KRL Sudirman Express, ber-AC, harga tiket Rp. 8000 dan hanya berhenti di stasiun2 tertentu. Kereta ini yang menjadi favorit pegawai kantoran. Yang naik umumnya berpakaian rapi, wangi, cantik2, ganteng2, keren deh pokoknya..!

Keluhan yang sering timbul dari penumpang KRL adalah: kereta masih sering telat, AC tidak dingin, malah kemarin saya alami AC-nya mati…sehingga harus buka jendela. Sering terjadi gangguan sinyal, kereta mogok, dll.  Keluhan bertubi-tubi disampaikan ke PT. KAI tetapi ya masiih aja keluhan yg sama muncul terus..

Untuk meningkatkan rasa nyaman bagi calon penumpang, saat ini beberapa stasiun sudah direnovasi dan terlihat lebih rapi, bersih dan nyaman. Kondisi seperti inilah tentunya yang diharapkan para penumpang sejak lama. Contohnya di stasiun Sudirman /Dukuh Atas. Ruang tunggu cukup nyaman dan bebas dari pedagang asongan…, sayangnya dalam ruang tunggu masih panas karena cuma mengandalkan AC (angin cepat alias kipas angin). 

suasana di ruang tunggu stasiun Sudirman 31/1/2011

Saya berharap PT. KAI terus berbenah diri menyediakan kereta yang aman, nyaman, tepat waktu dan bebas dari gangguan. Kalau kondisi itu bisa dicapai, tentunya penumpang akan semakin banyak datang dengan hati senang.

Kalau seperti ini pasti nyaman..!

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Tranportasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s