Liburan ke Lembang dan Tangkuban Perahu

Brothers & sisters…kesibukan sehari-hari mencari sesuap nasi & segenggam berlian sering membuat kita jarang memiliki waktu untuk berkumpul bersama dengan keluarga. Padahal kebersamaan dalam keluarga ini sangat penting bagi kita. Karena hari-hari biasa semua anggota keluarga sibuk dengan aktivitas masing-masing…maka weekend (Sabtu & Minggu) adalah waktu terbaik untuk berkumpul dengan keluarga. So..untuk mewujudkan ini kami sekeluaraga membuat rencana untuk berlibur bersama-sama ke luar kota. Lembang merupakan tempat pilihan kami, tempat ini tidak terlalu jauh dari Jakarta, konon udaranya sejuk dan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Di hari Sabtu yang telah kita sepakati berangkatlah kami pagi-pagi sekali, Toyota kijang Innova selalu menjadi andalan untuk kami sekeluarga berlibur ke luar kota. Pilihan berangkat pagi-pagi tentunya untuk menghindari kemacetan yang sering terjadi di kota Bandung dan jalan-jalan yang akan kami lalui. Bruuuummm….tancap gas masuk tol JORR yang jaraknya hanya 2,5 km dari rumah. Langsung ke arah Bandung..tetapi kami harus stop dulu di perumahan Grand Wisata karena ponakan-ponakan pada mau ikut. Sampai di sana..lho kok belum nongol..waah gawat neh pikirku. Bisa kena macet sepanjang jalan niih kalau telat berangkat.

Lebih setengah jam kemudian baru mereka muncul…apa mau dikata nasi telah menjadi bubur..kita tetap harus meluncuuur. Benar dugaanku, baru beberapa menit di jalan tol sudah dihadang kemacetan panjaaaang…yang disebabkan oleh banyaknya kendaraan yang melintas dan penyempitan jalur tol. Setelah terbebas dari kemacetan, jalan tol menuju Bandung relatif lancar..hanya sedikit terhalang karena ada kecelakaan lalin.

Sekitar jam 9:00 kami sudah keluar tol Pasteur untuk selanjutnya mengarah ke Lembang. Maceet kaah..?? Yes..!! Kendaraan jalan merayap di tengah kepadatan lalin kota Bandung. Hari semakin siang dan kami belum sarapan…kruyuk-kruyuk..perut mulai memberontak. Akhirnya kami putuskan untuk mampir ke Rumah Sosis untuk sarapan pagi. Hmmm..sesuai namanya, berbagai sosis tersedia di sini. Anak-anak banyak yang memsan sosis, tapi aku memesan nasi goreng special untuk sarapanku.

Salah satu sudut Rumah Sosis

Setelah puas dengan sarapan kami melanjutkan perjalanan.. Baru beberapa menit, kemacetan menghadang..saat itu kami sudah ada di jalan raya Lembang, dan dari google map jarak ke hotel tempat kami menginap tinggal 7,5 km lagi.  Ya sudah kita nikmati saja…banyak pedagang kelinci di sepanjang jalan. Rumah makan yang menawarkan sate kelinci dan sate kambing juga banyak di sepanjang jalan ini. Bagi para wisatawan kuliner inilah tempat yang wajib dikunjungi.

Memasuki kota Lembang kemacetan tetap merajalela..google map di black berry saya aktifkan untuk mencari lokasi hote La Oma. Yuup, piranti ini sangat membantu untuk menemukan lokasi yang kita tuju. Setelah bergelut dengan kemacetan, akhirnya sampai juga kami di hotel La Oma.

Anak-anak foto dulu

Hotel La Oma memiliki halaman tengah yang cukup luas, dengan udara yang sejuk cocok sekali untuk bersantai di gazebo-gazebo yang tersedia, dan anak-anak bisa bebas bermain.

Trio kwik-kwik..

Siang itu kami sudah lumayan capek di jalan, jadi kami putuskan untuk istirahat di hotel saja. Malam hari saja kita keluar untuk mencoba menu sate kelinci di jalan yang tadi kami lewati. Pada malam hari di hotel ternyata ada acara api unggun untuk para tamu, dan disediakan snack, jagung rebus, ubi goreng, dll serta minuman bandrek sebagai penghangat tubuh saat berada di daerah udara dingin.

Api unggun disiapkan oleh pihak hotel

Saya dan istri akhirnya duduk-duduk di bangku taman sambil menikmati hidangan yang tersedia. Sementara anak-anak pergi ke kamar mereka sambil membawa snack untuk dinikmati di kamar.

Menikmati jagung rebus

Keesokan harinya, pagi-pagi sekali kami menuju ke gunung Tangkuban Perahu yang terkenal dengan pemandangannya yang indah. Pagi masih berkabut tebal, pemandangan terbatas…namun tidak lama kemudian sang Surya mulai menyeruak di sela-sela pepohonan menerangi persada. Jam 7 kurang sedikit kami sudah ada di depan pintu gerbang menuju gunung Tangukuban Perahu, ikut ngantri di belakan beberapa mobil yang subah duluan tiba. Tepat jam 7:00 pintu gerbang dibuka, setelah membayar karcis masuk kami langsung melaju. Jalan yang kami lewati cukup bagus, meliuk dan menanjak khas jalan di pegunungan.

Pose dulu...

Foto-foto dulu supaya ada kenangan, apalagi pemandangannya memang sangat indah, sayang kalau terlewatkan.

Kiyip-kiyip..silau euy..!

Trio kwik-kwik atau trio kwok-kwok juga ikutan berpose-ria

Tiga bersaudara

Puas menikmati alam Tangkuban Perahu, kami melanjutkan perjalanan ke De’Ranch yang menawarkan berbagai permainan bernuansa cowboy Texas. Yaa..seperti di film-film western itu laah..

Foto bareng lagiiii...

Pemandangan alam di De’Ranch sangat bagus, ditambah dengan udara yang sejuk dan banyaknya permainan untuk anak-anak, menjadikan tempat ini salah satu tujuan wisata favorit.

Three cow girls

Naik kuda..naik kuda…itulah yang menjadi incaran anak-anak saat tiba di sini.  Tidak hanya anak-anak, ibu-ibu ternyata juga banyak yang mencoba naik kuda berkeliling ranch.

Yang penting foto dulu..

Siapa lagi…

Elisa di atas kudanya..

Yuup..! waktu yang menyenangkan..setelah puas dengan bermain-main di De’Ranch kami meneruskan berwisata ke kebun strawberry. Di sini ternyata sudah rame pengunjungnya.. Anak-anak memetik strawberry sedang saya dan istri memilih duduk-duduk di saung menikmati minuman dan pisang goreng.

O ya..sebelum meninggalkan De’Ranch foto dulu sekali lagi..

Terus marfoto bah..!

Begitulah brothers & sisters..liburan ini sangat menyenangkan. Seandainya kota Lembang tidak semacet itu, mungkin akan lebih asyik berlama-lama di kota sejuk ini.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Travelling, Tujuan Wisata and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Liburan ke Lembang dan Tangkuban Perahu

1. muji mustofa says:

sy suka alur cerita dan peta perjalanan ke lembang dan gunung tangkuban perahu yg melegenda dan tersohor..sy kagum dan sy akn berkunjung ke tempat tersebut. I love you bandung