Kenaikan Tarif Tol Harus Dibarengi Dengan Peningkatan Pelayanan

Brothers & sisters, beberapa hari yang lalu saya sudah melihat spanduk pengumuman terpampang di atas loket pembayaran tol di Pondok Aren. Tulisan pada spanduk tersebut berbunyi demikian “Dalam rangka menjaga kwalitas pelayanan, tarif tol perlu disesuaikan”.

Antrian saat bayar tol

Melihat spanduk itu saya langsung protes, walau hanya dalam hati, mengapa..?

1. Arti “menjaga kwalitas  pelayanan”, ini berarti jasa marga hanya akan menjaga pelayanan seperti apa adanya sekarang. Padahal semua pengguna jalan tol tahu bahwa pelayanan yang diberikan pengelola tol saat ini masih belum memuaskan. Pintu tol Pondok Aren dan pintu tol JORR itu kalau pagi sering terlambat dibuka. Dari semua loket yang tersedia, hanya beberpa saja yang dibuka, padahal sudah jam 6 pagi dan antrian kendaraan sudah cukup panjang. Akibatnya, pengguna tol yang seharusnya bisa cepat sampai tujuan malah jadi lama gara-gara “kemalasan” pihak pengelola membuka semua loket pembayaran. Kenapa tidak menggunakan kata-kata “meningkatkan kwalitas pelayanan“? yang berarti ada usaha untuk memperbaiki segala kekurangan kwalitas pelayanan.

2. Arti kata “disesuaikan” dalam kalimat “tarif tol perlu disesuaikan”, mengindikasikan akan adanya kenaikan tarif. Sudah jamak di negeri ini jika ada harga atau tarif yang disesuaikan, itu sebenarnya dinaikkan. Dan ternyata memang benar adanya, hari ini saya membaca berita di detik.com, tarif-tarif tol akan mengalami kenaikan efektif tgl. 7 Oktober 2011. Tarif tol Serpong – Pd. Aren naik dari Rp. 4000 menjadi Rp. 4.500. Tarif tol Pd. Aren – Ulujami naik dari Rp. 2000 menjadi Rp. 2500. Itu berarti tarif tol Serpong – Ulujami yang biasanya Rp. 6000 naik menjadi Rp. 7000. Dan tarif tol JORR naik dari Rp. 7000 menjadi Rp. 7500. Ruas to yang lain juga pada umumnya mengalami kenaikan tarif.

Dengan adanya kenaikan tarif tol tersebut akankah pihak pengelola tol, seperti Jasa Marga, akan menaikkan tingkat pelayanan??? atau hanya menjaga seperti apa adanya sekarang..?? Mari kita cermati bersama-sama, dalam hati kecil saya merasa pesimis akan adanya peningkatan pelayanan, tetapi tetap mengharapkan akan adanya peningkatan kwalitas pelayanan jalan tol. Jangan sampai kenaikan tarif tol ini hanya dipakai untuk meningkatkan pendapatan pihak pengelola, tetapi tidak dinikmati oleh pengguna tol yang sudah membayar semakin mahal.

Let’s keep watching..!

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Jalan Tol, Kegiatan Sehari-hari, Tarif Tol, Tranportasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s