Sawo di Pot Berbuah Lebat

Brothers & sisters, bagi sebagian besar kita orang Indonesia, pasti sudah mengenal buah sawo. Bahkan banyak yang menyukai buah sawo ini dan menganggapnya sebagai buah favorit. Buah berwarna kecoklatan ini apabila sudah matang memang sangat lezat. Daging buah pada umumnya lembut, berair dan terasa manis. Aroma buah sawo juga sangat khas, harum menggugah selera.

Di kampung-kampung di P. Jawa banyak dijumpai pohon sawo yang besar dan rindang. Daunnya yang kecil namun rapat mampu menahan sinar matahari sehingga tidak tembus sampai ke tanah. Kondisi ini membuat pohon sawo sering ditanam di halaman sebagai pohon peneduh. Buah sawo muncul di pucuk ranting. Di setiap pucuk ranting bisa muncul 1 – 4 buah sawo.

Senang melihat buahnya..

Saya termasuk yang menyukai buah sawo. Setiap melihat buah sawo pasti tergoda untuk membeli. Sebagai wujud kecintaan saya terhadap buah sawo, saya menanam satu pohon di rumah. Tetapi karena hidup di kota dengan halaman sempit, maka pohon sawo saya tanam di pot besar. Pohon yang saya miliki ini sudah berusia lebih 10th sekarang, dan sudah berbuah sejak batangnya masih sebesar ibu jari orang dewasa.

Karena ditanam di pot, pohon sawo ini tidak bisa tumbuh besar walaupun usianya sudah tua. Saat ini tingginya tidak lebih dari 2 meter. Tetapi pohon sawo saya ini tidak pernah sepi berbuah. Setiap saat pasti ada saja buahnya. Ada kalanya buahnya muncul banyak, tetapi ada kalanya hanya beberapa biji saja.

Ditanam di pot

Perawatannya sangat mudah, pohon sawo bukanlah jenis pohon yang manja. Cukup diberi pupuk 3 bln sekali pohon akan tetap subur dan rajin berbuah. Jadi bagi brothers & sisters yang ingin punya tamanan buah tetapi terkendala lahan yang sempit, pohon sawo dalam pot bisa jadi alternatif. Selamat mencoba..!

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Tanaman, Tanaman Buah and tagged . Bookmark the permalink.

14 Responses to Sawo di Pot Berbuah Lebat

  1. gary says:

    lain kali petik akh kalo main kesana….hihihihi

    Like

  2. ipanase says:

    wow, ane pngen juga nanemnya

    Like

  3. ho un su says:

    Tolong dong Pak nama pupuknya ,terima kasih dahulu

    Like

  4. sy lagi nyari referensi tanaman untuk ditanam di Pot, yg daunnya lebat, berbuah juga. ada rekomendasi mungkin? makasih

    Like

    • lexyleksono says:

      Sawo termasuk yang daunnya lebat dan mudah berbuah sekalipun ditanam di pot. Tanaman lain belimbing, jambu air dan jambu biji juga gampang berbuah di pot. Mangga dan rambutan juga bisa, tetapi ini berbuahnya musiman dan rada2 sulit utk membuahkannya.

      Like

  5. gasal says:

    Kak, itu media tanamnya harus tanah ya?
    bisa ngga pake tanah lembang yang dijual ditoko2 bunga itu?

    Like

  6. Susanti says:

    tanam nya pakai biji ato dengan tanaman cangkok yg sudah jadi yaa??

    Like

  7. tyan says:

    diameter pot nya berapa pak? saya juga lagi nanam pakai pot 30 cm cukup gak ya.

    Like

  8. Sarif Hidayat says:

    Itu namanya pohon sawo ap ?
    Terimakasih

    Like

Leave a comment