Transportasi Masal Harus Jadi Prioritas

Brothers & sisters.., jika membandingkan transportasi masal kota Jakarta dengan kota-kota di negara tetangga rasanya mengenaskan sekali. Jakarta tertinggal jauh dibanding Kuala Lumpur, Bangkok apalagi Singapore. Transportasi masal kota Jakarta masih sangat amburadul dan jauh dari memadai. Kereta Cummuter Line saat ini juga sudah penuh sesak. Pada jam berangkat kantor atau pulang kantor KRL semua jurusan, Jkt – Bogor, Jkt – Serpong, Jkt – Tangerang, Jkt – Bekasi semua penuh, umpel-umpelan sampai gak ada ruang sama sekali utk bergerak. Bus kotanya…ya kita semua tahu, betapa buruknya kondisi bus2 kota Jakarta. Ada bus Trans Jakarta yg menggunakan lajur khusus (bus way) itupun jumlah armadanya jauh dari mencukupi sehingga ya umpel-umpelan.

Pemda sekarang ini sedang membangun jalan layang non-tol yang membentang sepanjang Jl. P. Antasari, dari Cipete hingga Blok M. Upaya ini tentu untuk menambah ruang jalan supaya jalan P. Antasari tidak macet seperti sekarang ini. Baguuus….! Tetapi, sampai kapan itu akan bertahan? Semakin banyak jalan dibangun semakin mendorong orang untuk membeli kendaraan pribadi. Maka dalam waktu singkat semakin sempitlah jalan dan kemacetan akan semakin parah.

Pembangunan jalan layang non tol Cipete - blok M

Mengapa pemda tidak segera membenahi angkutan masal? Kalau jumlah KRL ditambah dan kondisinya nyaman. Kenapa tidak mempriorotaskan perbaikan pelayanan KRL sehingga bisa tepat waktu dan tidak ada gangguan..? Kalau KRL banyak, nyaman, tepat waktu, tidak ada gangguan bukankah itu akan mendorong orang untuk memilih KRL dari pada nyetir sendiri pake motor atau mobil? Mengapa tidak memprioritaskan menambah jumlah bus Trans Jakarta saja supaya penumpang tidak berdesakan seperti sekarang? Mengapa tidak memprioritaskan pembenahan bus kota & angkutan kota yang sebagian besar sudah tidak layak..?

Kalau KRL nyaman...masih jadi impian

Sepertinya memang ada upaya ke sana, seperti misalnya rencana membangun MRT, tetapi berjalan lambaaaat….puooool..!

Entahlah….!

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Jalan Tol, KRL Commuter line, Tranportasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s