Salah Antisipasi Bisa Berakibat Fatal

Brothers & sisters.., tidak satupun dari kita yang menginginkan kecelakaan, tetapi kecelakaan bisa menimpa kita. Banyak faktor yang bisa membuat kita mengalami kecelakaan saat di jalan, entah saat mengendarai mobil, motor, sepeda onthel atau saat berjalan kaki sekalipun. Faktor-faktor itu antara lain faktor kendaraan yang kita pakai, faktor jalan yang kita lalui, faktor pengendara lain, faktor diri kita sendiri.

Ada faktor-faktor yang memang sulit / tidak bisa kita kendalikan, misalnya pengendara lain atau ulah orang lain, kita tidak bisa mengendalikan mereka. Kita sudah berhati-hati tahu-tahu braak..orang lain yg nabrak kita (mobil saya sering ditabrak atau diserempet motor dari belakang, padahal sedang berhenti). Faktor kondisi jalan yang kita lalui, kita juga tidak bisa berbuat apa-apa. Untuk mensiasati faktor-faktor ini, ya kita yg harus extra hati-hati, extra waspada.

Tetapi ada faktor-faktor yang kita bisa kendalikan, misalnya faktor kendaraan kita. Kalau kita selalu menjaga kendaraan kita dalam kondisi prima / layak pakai, tentunya itu akan meminimalisir terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan kita. Kemudian faktor diri kita.., kita sendiri yang bisa mengendalikan. Kapan harus jalan pelan, kapan cepat, kapan harus bersabar, kapan harus istirahat.., selalu waspada dan extra hati-hati.

Kecelakaan yang menimpa salah seorang rider saat kami riding bareng Jum’at malam yang lalu,  menggugah saya untuk kembali menulis tentang pentingnya kita berhati-hati di jalan. Pada saat kecelakaan terjadi saya riding satu kelompok dengan brother yg kecelakaan ini. Tetapi posisi saya di belakang. Kecelakaan terjadi, menurut pengamatan saya, karena saat menikung terlalu melebar dan masuk ke jalur yang berlawanan, sialnya pada saat yang sama ada truk yang sedang melintas dari arah berlawanan maka terjadilah benturan. Entah apa penyebab sesungguhnya sehingga motor melebar terlalu jauh.

Kendaraan rusak bisa diperbaiki, lha kalau manusianya...?

Kita semua tidak menghendaki kecelakaan seperti ini terjadi, tetapi ini terjadi. Pelajaran yang bisa kita ambil dari kejadian ini adalah selalu extra berhati-hati dalam berkendara.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Tertib Lalulintas, Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s