Nunggang Kawasaki ER6F ke Kantor

Brothers and sisters….sudah tepat sebulan si Ninjo (ninja 650 ijo) mengisi garasi rumah. Selama ini saya hanya bawa dia keliling-keliling sekitar BSD city, maklum STNK belum turun jadi belum berani jalan jauh-jauh. Tapi lama-lama kok susah juga menahan keinginan untuk bawa si Ninjo rada jauhan dikit, dan akhirnya Jum’at minggu lalu saya nekat untuk nunggang si Ninjo ke kantor.

Rute yang saya ambil sama dengan rute biasanya kalau saya bawa neng Stacy (honda spacy). Dari Taman Giriloka BSD – Perus Astek – Bintaro – Pondok Pinang – Pondok Indah – Hj. Nawi – Patmawati – Wijaya terus ke kawasan SCBD. Naah..dari rute ini antara BSD – perum Astek jalannya sempit berliku-liku & naik turun, tapi sepii… Si Ninjo saya ajak jalan santai aja, mencoba meliuk-liuk di belokan-belokan sempit. Walau bodynya gede dan berat, ternyata untuk berbelok di tikungan-tikungan sempit si Ninjo masih enak aja. Ketika melewati tanjakan juga ringan aja alias gak perlu plintir gas banyak2. Masuk kawasan Bintaro sektor 9 masih relatif sepi pagi itu, si Ninjo saya ajak sedikit berakselerasi dan wuss enak banget. Masuk jalan Kesehatan sudah dibuat satu arah, tetapi kendaraan sudah cukup rame, mobil memenuhi 2 lajur yg tersedia, jadi ya si Ninjo ikutan melipir-melipir di samping kiri berbaris dengan motor2 lain.

Yang saya rada deg-degan adalah kalau macet di tanjakan Pondok Pinang, hmmm…biasanya jam-jam segitu sudah antri bin macet. Kebayang kalau sampai berhenti di tanjakan…dengan postur saya yang 165 cm kaki saya tidak bisa menapak sempurna saat duduk di jok si Ninjo. Kalau harus nahan berat si Ninjo di tanjakan itu….bisa klenger.. Tapi beruntung, saya sudah atur jarak dengan kendaraan di depan, dan pas tanjakan kendaraan masih bergerak walau pelaaan. Slameet..slameet..gak sampe berhenti…!!

Dari Pindok Indah sampe ke kantor di kawasan SCBD lalulintas lancar, so tidak ada kesulitan bagi si Ninjo melibas jalan-jalan itu walau kadang2 harus berhimpitan dengan metromini yg suka minggir sak kepenak’e udele dewe.

Selama perjalanan saya memang hanya sebisa mungkin menahan RPM sampe 4000 saja, walau sekali2 lewat juga. Paling cepet juga hanya sampai 90 kpj aja (masih sayang…moge pertama hehe..). Soal handling, sekalipun berfairing ER6F masih enak dipakai harian (walau tentunya tidak seenak yg bodynya lbh langsing). Bobot yang berat tidak terasa saat melaju, tetapi saat berhenti hati-hati jangan sampai terlalu miring..dijamin ngglimpang !!

Suara knalpot aslinya memang merdu, namun saat kencang suara knalpot ini tidak terlalu kedengaran. Saya berkali-kali membuat kendaraan yg saya dahului terlihat kaget. Termasuk beberapa mobil yg kemudian membunyikan klakson, padahal saya mendahului juga rada jauh jaraknya. Saya terbiasa nunggang si Merah (N250) yang berknalpot racing, jadi hampir tidak pernah membunyikan klakson saat mendahului. Hmm..harus membiasakan diri nglakson atau ngedim neh..

Spidometer di Ninjo cukup informatif dan sangat jelas terbaca, terutama petunjuk kecepatan, hurupnya gede-gede..hehe. Soal akurasinya..mbuh gak ngerti wong gak pernah ngukur. O ya…, bentuk spidometer ternyata beda dengan punya ER6n, bisa dibandingkan dengan spidometer ER6n nya mas Taufik (TMC blog).

Untuk pengereman sangat bisa diandalkan, sekali saya harus panic braking. Lagi enak2 mendahului tiba2 mobil box di depan ngerem mendadak, terpaksa tekan rem depan kenceng dan mak nyuuuut…si Ninjo berhenti sempurna.

Apakah saya akan pakai si Ninjo untuk harian..? Well.., saya membeli motor ini memang untuk hobby aja, bermogeria saat weekend atau touring ke luar kota, sekali-sekali mungkin saya bawa ngantor, sedang untuk motor harian saya mengandalkan neng Stacy. 

Sekian dulu bro & sis.. pengalaman saya dg ER6F, monggo….

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Kawasaki, Kawasaki ER6F, Ninja 650 and tagged , , , . Bookmark the permalink.

32 Responses to Nunggang Kawasaki ER6F ke Kantor

  1. Amama Ali says:

    kapan iso nduwe … 😳

    Like

  2. SteveA7X says:

    Manteb sekali sharingnya 🙂
    kebetulan paman saya lagi galau antara ER6n atau ninja 650f ini.
    adanya artikel ini dan sebelum2nya terkait ninja 650, akhirnya paman saya mantab untuk membeli yang ninja 650.
    Terima kasih buat artikelnya yang informatif.

    Like

  3. Novian Agung says:

    Mantep oom… Itu bobot motornya berapa kilo?

    Like

  4. arantan says:

    Congrats mas bro! 🙂 3 bulan lebih ya nunggunya, lama bener 🙂

    Like

  5. andre455 says:

    nice report om… salam kenal

    Like

  6. Pingback: Kawasaki Ninja 650 – riding impression & FC « nosvelos

  7. 9844654 says:

    spionnya diganti malah katro

    Like

  8. sans says:

    met kenal pak le..

    saya baru beli ER6N, emang asik two brother ini…bikin klubnya dong bareng mas taufik..

    hidup kawasaki

    Like

  9. lamida says:

    Wah nice share mas. Ini target motor saya berikutnya. Sekarang pake CBR 250R merah. Mau ambil ER6F yang merah juga. Btw istriku orang Jember juga loh mas. Salam kenal ya.

    Like

  10. Leopold S says:

    Wah rute hariannya hampir sama plek mas. Kalau saya dr Sevilla, sektor 12, tujuan Adityawarman Kebayoran Baru. Salam kenal mas..

    http://7leopold7.wordpress.com/2012/09/22/ninja-fi-utk-harian/

    Like

  11. adii says:

    Saya rencana bln mei 2015 mau beli antara er6n atau f.. bner2 galau milihnya.. kebnyakan artikl bahas er6n, yg f nya jrang kalopun ada ya seadanya bhasannya.. mana ada yg blg mnding z800 aja beda 60jtan.. saya kn cma 163cm, gmna nyinjit nye tu z800 yg lbh tinggi dri 650. Hadehh.. bner2 pusing.. tar hbs beli er6f tkutny kluar all new nya.. ada info gk all new atau facelift er6n atau f?

    Like

    • lexyleksono says:

      Kalau tinggi badan 163cm saya gak sarankan Z800, motor itu tinggi banget jok nya dan sangat berat. Kecuali bisa direndahkan joknya dg lowering kit. Er6n memang lbh banyak yg pakai, saya sendiri pake er6f, puas siih dg performance nya. Dengar2 kawasaki akan meluncurkan type cruiser 650 di 2015.

      Like

  12. Bachrum Achmadi says:

    Thx banget infonya mas bro,, gua jg ada rncna beli tp thn 2015 aja (tanggung hehehe), malah sdh cek ke showroom dipondok bambu jaktim, tp yg bikin sy kaget stoknya thn produksi 2012? malah ktnya produksi 2014 blm pernah ada? bener ga sih bro? gua jd bingung apa gua dikadalin biar beli (jgn buruk sangka dlu hehehe).

    Like

  13. Newman says:

    Kebetulan saya baru ambil yang ER6n, stoknya hanya warna merah karena kurang suka dgn warna merah akhirnya saya cat ulang dgn warna hitam plus glitter pelangi, proses pengecatan sudah selesai dgn memakan waktu seminggu, skr dlm proses re-assembly, mudah2an minggu depan sudah kelar dan bisa diajak muter2 diseputaran rumah, STNK dijanjiin 2 bulan selesai, tau bener apa ngga..soalnya ada penggantian warna, dan request plat khusus. salam kenal buat pecinta kawasaki 650.

    Like

    • lexyleksono says:

      Salam kenal masbro…selamat utk ER6n nya.

      Like

      • Newman says:

        Salam kenal juga mas lexyleksono, motor sy sudah dipakai jalan kekantor dgn jarak tempuh 20 km sekali jalan. Tenaganya cukup buas juga, begitu kena macet langsung Panas banget mesinnya, dikaki sangat terasa panas…apakah karakter mesin kawasaki 650 memang seperti itu…? Mohon advisenya mas…..

        Like

      • lexyleksono says:

        Kalau macet terasa panas memang begitu umum nya mesin besar. Tapi bukan mesinnya sendiri gak overheat kan? Kalau sampe overheat perlu dicek pasti ada yg gak beres. Saya sering kena macet tapi gak pernah overheat, aman2 saja.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s