Tubuh yang fit penting saat riding

Brothers & sisters…., saya ingin membahas sedikit tentang pentingnya kebugaran tubuh seorang biker pada saat mengendarai motornya, terutama saat touring jarak jauh. Kita semua tahu bahwa mengendarai motor tidaklah senyaman mengendarai mobil. Mengendarai motor butuh kekuatan fisik yang lebih baik. Bukan berarti mengendarai mobil tidak perlu fit lho..  Saat mengendarai motor posisi tubuh kita relatif tetap (statis), posisi tangan & kaki akan sama mulai saat riding hingga saat berhenti. Oleh karena berada pada posisi yang sama terus menerus, lama kelamaan ya terasa pegel / sakit.

Toruing ke Kalianda

Touring ke Kalianda

Kondisi tubuh yang tidak fit dapat mengganggu konsentrasi berkendara, terutama saat touring jarak jauh. Jika konsentrasi berkurang, maka reaksi terhadap sesuatu akan melambat, dan saat reaksi lambat maka pengambilan keputusanpun lambat, dan akibatnya bisa fatal. Oleh karena itu sangatlah penting bagi para rider yang hendak melakukan touring jarak jauh mempersiapkan kondisi tubuhnya dengan baik. Bagian-bagian tubuh yang biasanya mengalami kelelahan adalah : otot-otot tangan, otot-otot pinggang dan otot-otot kaki, juga leher dan bahu.

body copy

Melatih otot-otot tubuh kita secara rutin dapat membantu menjaga tubuh kita tetap fit dan tidak mudah lelah. Otot-otot lengan dapat diperkuat dengan melatih otot2 bisep, trisep dan otot2 pergelangan tangan. Gerakan biceps curl, triceps extension dan wrist curl biasa dilakukan untuk melatih otot-otot lengan.

Otot-otot dada dan punggung bisa dilatih dengan melakukan push up, otot perut bisa dilatih dengan melakukan gerakan sit-up. Paling bagus kalau kita pergi ke tempat kebugaran. Tapi kalau tidak ada, latihan dengan menggunakan beban tubuh sendiri tetap bisa dilakukan. Push up & sit up kan bisa dilakukan di mana saja.

on the way to Sumatera

on the way to Sumatera

Kalau otot-otot kita sudah terlatih dan tubuh kita fit, saat riding jarak jauh kita tidak akan merasa cepat lelah dibandingkan saat kita tidak fit. Konsentrasi akan tetap terjaga.

Jadi brothers & sisters…, mari kita menjaga kondisi tubuh kita untuk tetap fit. Di samping itu tentunya jangan lupa beristirahat yang cukup dan minum banyak air putih agar terhindar dari dehidrasi.

IMG_0906a

Selamat berkendara, enjoy & safe ride.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Travelling and tagged , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Tubuh yang fit penting saat riding

  1. Yoshi says:

    Setuju banget om.
    Bahkan batuk pun sangat mengganggu riding.
    #lagibatuksoalnya

    Like

  2. macantua says:

    bener banget……setuju…..meleng dikit bruggggggg

    Like

  3. satu lg,jgn lupa doa sblm riding.

    Like

  4. Leo says:

    Dua yang terakhir itu penting sekali tapi sering terlupakan mas.
    Cukup tidur dan minum air putih. Apalagi kalau sdh rombongan bareng

    Like

  5. Mas Sayur says:

    Adalagi bagian tubuh yg cepet lelah..,maaf agak parno dikit.., 😉 belum 100 KM BOKONG sudah puanaaas… 😀

    Like

  6. Ganiez12 says:

    Mantap,kapan bisa touring????lanjut om

    Like

  7. touringrider says:

    utamakan sarapan..hehehe

    Like

Leave a comment