Astaga…!! Harga jengkol & pete per kg melebihi harga daging..!!

Brothers & sisters…, beberapa hari ini saya membaca & nonton berita tentang melonjaknya harga jengkol & pete. Dua jenis buah sayur yang memiliki bau menyengat dan khas ini memang punya penggemar sendiri. Banyak juga yang tidak menyukainya karena tidak tahan baunya. Saya termasuk yang tidak menyukai kedua jenis buah yang sering dijadikan masakan lezat ini. Bukan rasanya yang saya tidak suka, tapi bau khasnya itu yg gak tahan.

petai di pohonnya

petai di pohonnya

Pada kondisi normal konon jengkol & petai ternyata cukup mahal juga lho.., sekilo bisa sekitar 20 ribu rupiah. Tapi yang saya baca di berita hari ini sekilonya sudah mencapai 60rb utk jengkol dan 150rb utk petai. Wow….!! lha kok melebihi harga daging sapi ya..?? Lha kalau saya ya mending beli daging nya..hehe.

biasa dijual per ikat, tp ada jg yg sdh dikuliti

biasa dijual per ikat, tp ada jg yg sdh dikuliti

Di rumah makan Betawi jengkol biasanya dimasak semur, katanya semur jengkol itu lezat banget. Saya gak pernah nyicipi siih…, tapi ya percaya aja sama penggemar. Kalau penggemar bilang enak, ya mungkin memang enak. Kalau petai biasanya dimasak jadi sambal goreng, temennya biasanya hati / ampela. Sering juga lihat dimasak dengan udang..hmm terlihat lezat. Saya biasanya makan udangnya saja, petainya disingkirin.. Ada yang dibakar dengan kulitnya, trus bijinya dimakan dengan sambal…kalau lihat yg makan kok nikmat banget ya..!!

Jengkol niih..!

Jengkol niih..!

Aniwei…, kenaikan gila-gilaan harga jengkol & petai ini katanya disebabkan kurangnya pasokan dari petani. Katanya (msh katanya..), banyak petani yg menebang pohon petai & jengkol utk diambil kayunya. Akibatnya pohonnya berkurang drastis, otomatis demikian juga buahnya. Apa benar demikian..? Entahlah, bisa juga karena permainan tengkulak kan..?? Semoga saja hal ini bisa cepat diatasi sehingga para penggemar jengkol & petai bisa menikmati makanan kesukaan dg harga yg normal.

bunga petai cakep juga ya..

bunga petai cakep juga ya..

 

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Kuliner, Pertanian, Tanaman Buah and tagged , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Astaga…!! Harga jengkol & pete per kg melebihi harga daging..!!

  1. ipanase says:

    horeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    Like

  2. #99 bro. says:

    aseeeekkkk

    toilet tempat kerja jadi bebas bau jengkol..

    Like

  3. Leopold S says:

    Kata orang it’s either you love it or hate it….

    Like

  4. Erit07 says:

    Haha,memang banyak di buru tuh..

    Like

  5. damar says:

    sial, pas harganya mahal malah pohon pete dibelakang rumah ane malah ambruk kena angin, padahal udah berbunga.

    Like

  6. Uwooow “Jonjang-ganjing Jengkol Nasional”

    Like

  7. Harga jengkol dan petai naik ini cuman pengalihan kasus aja 🙂 #kaburrrr

    Like

  8. Aa Ikhwan says:

    edyan mahale 😀

    Like

  9. herman says:

    saya jualnya 1 gandeng ( 20 keris ) sekitar 30 rb…. gmana klo beli ditempat saya aja

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s