Waduuh Piaggio Liberty ku kok ajrut-ajrutan gini…?

Brothers & sisters…, semakin hari jalanan di Jakarta semakin sesak dengan kendaraan. Jangankan mobil, motorpun semakin sulit untuk bisa jalan lancar. Seluruh badan jalan dipenuhi oleh mobil-mobil yang berdesak-desakan. Pengendara motor terpaksa harus mepet ke trotoar untuk bisa lewat, itu pun tetap tersendat-sendat. Jakarta…Jakarta…jian kebangeten tenan..!!

DSC00637

Naah…, pas melewati jalan yang super macet ini tiba-tiba saya merasakan ada yang aneh dengan kinerja Piaggio Liberty 150ie saya. Si Bety, itu namanya, terasa seperti ajrut-ajrutan saat bermacet-ria. Saat mulai jalan seperti ada yg tertahan, gak mulus jalannya. Memang terjadi hanya saat macet-macet saja. Kalau sudah jalan, atau jalannya lancar ya biasa aja. Hmm…. kenapa ya kira-kira, apa ada masalah dengan belt nya ?

si Bety

si Bety

Saya belum sempat bawa ke bengkel, rencana nya Sabtu depan ini mau saya bawa ke bengkel untuk diperiksa. Apakah bro/sis ada yang punya masalah serupa dengan motor matik nya…?? Bagi-bagi pengalaman ya kalau ada yang pernah mengalami.

Trimakasih bro/sis….!!

 

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Motor, Motor Italy, MOtor Matik, Motor retro klasik, Piaggio and tagged , , , . Bookmark the permalink.

75 Responses to Waduuh Piaggio Liberty ku kok ajrut-ajrutan gini…?

  1. afan says:

    ngregel@? lompat2? klo terjadi hanya saat macet, itu kampas koplingnya kotor. perlu dikerik/ diamplas. begitu juga dengan mangkok koplingnya (ga tau istilahnya apa). kejadian ini saya alami di kymco saya.

    Like

  2. Yoshi says:

    karbu kotor kali 🙂

    Like

  3. Kobayogas says:

    Di Balik Selubung Ini, Ada Motor Termahal Di Dunia…

    Air filter kotor? Busi kotor? Filter bensin kotor? Injector kotor/mampet?

    Like

  4. sukanyaMOTOR says:

    spertinya yang bermasalah stnk-nya mas bro,
    minta ganti x-ride keknya, lebih cocok buat ajrut-ajrutan tapi gak ajrut-ajrutan. ups… malah prongosi… 🙂

    Like

  5. potretbikers says:

    Hahah, mirip naik kuda,om 😀

    Like

  6. ermy says:

    liberty saya malah lebih eror nih om lexy.. klw mesin blm panas, baru jln sbntr, brnti di lampu merah langsung mati.. di stater cuma bunyi cuekekekekek doank.. tp ga idup”.. di sela jg ga mw.. di diemin 10 mnit baru idup lg.. & setiap slsai isi bnsin, penyakitnya kumat lagi. akhirnya rawat inap di Piaggio deh..

    Like

  7. gc133hijrah says:

    Itu kampas kopling kotor kang…
    Sebaiknya diperhatikan tiap 10ribukm ato kurang, bersihkan part2 cvt

    Like

  8. Mungkin per cvt ato kampasnya om lex, spin bapak saya juga suka gitu dulu soalnya

    http://monkeymotoblog.wordpress.com/2013/11/28/opini-monkeymoto-tentang-inreyen/

    Like

  9. Leopold S says:

    semoga lekas sembuh mas….

    Like

  10. ermy says:

    masih belum ketauan penyakitnya om.. ini bru saya ambil bbrapa hri yg llu dr piaggio.. eh pas kemarin penyakitnya kumat lagi.. ampun dehh.. bsk mau di inepin lg di piaggio.. tp bebas biaya om lexy.. 😀

    Like

  11. Bintang says:

    halo mas/ mb PLOT Id, sya kebetulan mau beli motor piaggio, khususnya tipe Liberty, tp rupanya saya ud kehabisan stock, jd ud discontinued , rencana saya mau beli yg secondhand, mgkin mas2 sekalian ada saran ato masukan? btw utk perawatan liberty sendiri susah ga ya? mksd sy dlm hal spare part, ato layanan bengkel, bahkan mungkin sampai hal yg kecil tp penting, seperti ban luar depan, aksesoris.. sy domisili di Sby. mohon tanggapannya dari mas/ mb sekalian. bisa juga reply by email saya di bp19baladewa@gmail.com , terima kasih.

    Like

    • lexyleksono says:

      Trimakasih mas sudah mampir. Sampai saat ini saya masih pakai Liberty saya. Untuk perawatan kebetulan di Jakarta dan sekitarnya banyak bengkel Piaggio jd gak masalah. Untuk spareparts saya belum tahu, blm pernah ganti sparepart. Kalau sparepart mesin mestinya tidak masalah karena mesinnya sama dg Vespa modern yg banyak beredar. Yg repot kalau utk part khusus Liberty seperti lampu sein misalnya. Semoga aja gak susah nyarinya.

      Like

  12. sgungz says:

    Sy punya liberty 100 baru beli 4 bulan muncul suara kletek kletek di blakang,, kira2 apa,a ya ,, mw ke bengkel piaggio ntar aj lah nunggu service k 2 ,, kilometer jg masih 1900

    Like

    • lexyleksono says:

      Kalau boleh tahu dibagian mana ya suaranya muncul ?

      Like

      • fadhel says:

        liberty banyak masalah mulu.mati” mulu. Ini abis service bengkel resmi, sampe rumah distarter ga nyala” lagi . Bengkelnya jauh. Pusing!!!!!

        Like

    • SoGum says:

      Ikut urun pengalaman, Liberty 100 saya juga begitu. Langsung saya bawa ke dealer, ternyata sumber suaranya adalah defect di velg belakang. Ini adalah penyakit bawaan Liberty 100, setiap bulan pasti ada yang kena. Rupanya bahan velg-nya kurang yahud dari Vietnam. Akhirnya klaim velg karena masih garansi, tapi tunggu velg baru 2 minggu. Buruan dibawa mas sgungz, karena rawan merusak part lain soale dekat dengan bagian penggerak.

      Like

  13. Prasasti Aji II says:

    Untuk Mas and Bro sekalian.memang itu saya juga ngalami. tapi setelah berpindah ke Liberty 100S RST. gak ngalamin lagi hal itu.

    Like

  14. Abé says:

    Ikutan nimbrung ya, mau sharing pengalaman juga tentang Piaggio Liberty 100 RST.

    Saya baru beli akhir tahun kemarin, sekitar bulan november 2014. Kondisi pemakaian awal masih berasa bagus dan enteng. Memasuki kilometer 1000, masalah sudah mulai muncul, mesin terasa getar banget pada putaran rendah dan sedang dan tenaga berasa kurang. Tapi pada putaran tinggi dan speed 60km-an mesin berasa enteng dan getaran normal.
    Padahal minumnya selalu V-Power.

    Sudah dibawa ke dealer untuk service rutin (pas 1000km) tapi masalah tetap muncul. Hingga puncaknya kemarin ketika distarter mesin bunyi berisik dan pas coba pake kick starter malah macet ga bisa balik.

    Selain itu, kejadian yang dialami oleh @ermy juga muncul, mesin mesti dipanasin dulu sekitar 5menit baru enak buat jalan.

    Belum sempat bawa ke dealer karena jauh, sekarang masih parkir dirumah tapi sudah kontak dealer buat datengin mekanik.

    Semoga bukan masalah serius.

    Demikian sharing dari saya. : )

    Like

  15. Bintang P. says:

    Sy ad rencana mu ambil liberty yg baru, klo ga salah sekarang varian warnanya cukup banyak, klo boleh sya dikasih masukan, kira2 apa ya kendala motor ini? Krn jujur sy belum pernah punya liberty, ap mgkin cari spare part susah, servis kurang bgus? Sy domisili di Sby. Mohon masukaanya ya. Tq

    Like

    • lexyleksono says:

      Liberty modelnya bagus, modern. Tapi jumlah unitnya sedikit dibanding Vespa. Aksesoris jg sulit didapat. Kalau part mesin banyak krn mesin nya sama dg Vespa. Kalau suka aksesoris motor, saya anjurkan ambil model Vespa, aksesorisnya banyak.

      Like

  16. tyo says:

    Halo mas bro. Saya penrah service liberty 2012 yg 100cc nah ganti banyak reh di daerah cvt dan lampu dan bla bla blanya. Lumayan abis 1,5jt. Agak ngos ngosan ane pas tau segitu. Nah skrng ane mau nanya nih mas bro ada yg tau harga tali gas liberty ga. Supaya ga ketipu2 bgt saya. Makasih yah. Belajar dari pengalaman mas bro. Sama update dong harga service ringan plus ganti oli n ganti oli gardan. Makasih bro

    Like

  17. Budi says:

    Saya punya liberty 100 rst baru beli 9 bln kilometer baru sekitar 500 an emang jarang banget pake, masalahnya sekarang kalo kunci kontak di posisi on lampu indikator starter dan lampu depan ga nyala, dipencet tombol starternya juga ga nyala ga ada bunyi apa apa, tapi kelakson bunyi kencang dan lampu sen nyala terang, udah cek sikring ga putus aki msh bagus, jadi apa nya dong, tolong agan agan ada yang tau ga masalah nya kenapa. Tolong infonya ya gan.

    Like

  18. Santoso says:

    ternyata sama semua penyakitnya, dulu aku punya liberty 100s jg pas jalan bunyi kletak kletak di belakang, tapi akhirnya skrg sdh hilang sendiri suaranya, tapi utk jalanan macet suka ndredek kayak org kurang makan, ada yg aneh lg kl belok posisi miring pasti bunyi kruuuuggg kayak suara ayam, dan so pasti larinya berat gak kayak motor jepang, akhirnya aku byk baca-baca di web nemu deh cara agar lbh gesit, aku ganti per CVT punya beat sm apanya gt aku lupa namanya, habis 200.000 dan skrg semuanya lancar n jd gesit.

    Like

  19. Ardhana says:

    Q pake liberty 100 suatu hari tali gasnya macet gak mau balik, nyaris nabrak di seorang PTC.. Akhirnya dibongkar di bengkel pinggir jalan msk jalan pegangan 2. Ganti tali gas adanya cuman di piaggio kramatjati. Ntar mau servis di bengkel itu lg, murah tp oke. Di bengkel resmi antriannya panjang, mahal begitu montirnya asal bisa2an, payah. Mending kalo ganti spare part beli aja di piaggio pasangnya di bengkel lain yg montirnya jago.. Hehe

    Like

  20. Tyo says:

    Bro CVT gw putus trus pas gw nyalahin kaya bunyi besi, krek krek gitu. Itu kenapa yah. Dan total biaya dong service + ganti cvt. Gw males kadang kadang service semahal itu ga sebanding expetasi kita pas waktu itu beli piaggio. Semoga ada kabat baik..

    Like

  21. Imam says:

    ada yg tau gak penjualan spare parts liberty di surabaya, aku butuh clip roller liberty 100S, trims bantuannya.

    Like

  22. Aries t says:

    Om”sy mau tanya nih ,sy pake liberty 150cc gas nya itu suka naek sendiri tp turun sendiri ga lama,kabel gas closenya udah dcopot skrng pake kabel gas open aja,smpe skrg msh suka naek sih gasnya tp ga lama ,penyebabbya apa yah,kabel gasnya bisa dsubstitusi pake tali gas motor apa yah,makasih

    Like

  23. Zaki says:

    Kalo ane si bety kaya abis bensin kalo di pake jalan, kadang kadang juga mati total, si bety ane kenapa yah?? Saran dong mas bro

    Like

    • lexyleksono says:

      Kalau ajrut-ajrutan tapi tidak mati mesin dan hanya terjadi kalau lagi bermacet-macetan, biasanya memang kotor cvt nya. Setelah dibersihin lancar lagi. Kalau seperti kehabisan bensin dan mati total mungkin ada aliran bensin yg tersumbat. Mungkin lho ya…saya jg gak begitu faham.

      Like

    • dwi says:

      saya pake liberty 100s thn 2014.
      baru kemarin ngalamin gejalanya spt mas zaki.
      td sy bawa ke be-res.
      divonis ecu nya masalah.

      Like

    • dwi says:

      sy baru ngalamin spt mas zaki.
      dibawa hari ini kebengkel. divonis ecu nya kena.

      Like

    • dwi says:

      Liberty 100s Sy masalahnya sm spt mas zaki.
      Tp baru 2 hari belakangan ini.
      Tiba2 blebek mati. Diemin aja beberapa menit trs normal lagi.
      Tadi ke beres diklaim ecunya masalah.
      tp untung masih garansi,lgsg diklaim.

      Like

  24. GavinUtomo says:

    Saya malah baru beli Liberty 150ie, tahun 2011 tp belinya di Juli 2016.
    Program Cuci Gudang lah…, smg aja kondisi nya tetap bisa Prima.
    Posisi di Yogyakarta. Mksh. Gak ada service gratis 3x, service pertama sdh dibilang biaya adlh 2 rts rb…. Wkwwkwk, beda banget ama produk Jepang ya… After Sale Servive nya

    Like

  25. fasdoff says:

    kemarin liberty s saya juga seperti itu. setelah saya bawa ke bengkel resmi piaggio, katnya cvt nya bermasalah. setelah cvt dibetulkan, motor kembali normal.

    Like

  26. agustyan says:

    Sry nh gan ane mo nanya..Ane pnya bety 150 .
    Boros bngt gan..thun 2001
    dri ciracas jkarta timur ke pasar baru pusat..PP abis 2.5Liter
    jln nyah jg ndut ndutan ..Kya yg kesed buah kedong-dong .. tarikan nyh jg kurang jos..
    Kra kra apa nyh tuh gan..?
    Maklum tu bety dpt warsan …Ane baru pegang.

    Like

    • lexyleksono says:

      Liberty saya dulu 1 ltr dapat sekitar 30km. Utk ndut-ndutan sebaiknya dicek dibengkel resmi piagio bro. Bisa jadi cvt nya kotor perlu dibersihin. Bisa jg aliran bbm yg kurang lancar.

      Like

  27. khalif says:

    misi gan, saya mau tanya nih … setelan gas liberty dmn ya?

    Like

  28. khalif says:

    satu lagi gan, saya mau ganti klakson, cara buka tamengnya gmn ya?

    Like

  29. khalif says:

    liberty saya tahun 2013 yg 100 s… thx

    Like

    • Ani says:

      Liberty penyakitnya sama ajrut ajrut di bawa ke bengkel biasa di benerin habis gede tapi masih tetetep ajrut2 an,akhirnya di bawa ke bengkel resmi ganti kupling atau spareparts Alhamdulillah lancar tp bunyi kring dan berisik masih ada..kemaren ke bengkel niat ganti oli dan benerin lampu dpn.mekanik bilang banyak yg harus di ganti sampe total ,1,3 tp saya minta di ganti yg pentingnya aja akhirnya di ganti v beltnya setelah sy minta bekasnya ternyata masih bagus s

      Like

  30. Lavenia says:

    Liberty sy suka mati sendiri, mau macet ataupun enggak, tapi akintetap menyala, ada yg tau gak ya itu kenapa. Mohon dibantu ya mas dan mba . Terima kasih

    Like

  31. Zainal Yais says:

    libertyku dl jg gt… brhubung kita tinggal di desa(jauh dr beres) akhirnya kita bongkar sendiri ternyata masalahnya ada di pengapian
    solusinya ganti koil+cdi pake shogun kebo
    alhmd sekarang lancar jaya

    mohon info kalo ada yg jual cvt liberty 100 s nwn

    Like

  32. Lee says:

    Ini q jga pakai liberty 150, q jga merasakan kalo jalan pelan itu tersendat” , padahal habis d service bengkel resmi piaggio , masih aj begitu ,tk ganti busi ,tk isi bbm pertamax jumbo juga masih begitu , bagi kawan” yg punya pengalaman mohon bagi dong cara penanggulangan nya , terimakasih

    Like

  33. Abe says:

    wah setelah lima tahun, saya mampir lg ke blog ini.
    baca sekilas ternyata masih ada yg mengalami kendala yg sama dengan saya dulu di tahun 2014.

    solusinya kl mati mendadak atau ajrut2an sama seperti yang dibilang bro Zainal Yais. mesti ganti komponen pengapiannya dan spesifik bisa pake punya shogun kebo.
    karena setelah penggunaan beberapa lama, komponen cdi itu bakal rusak karena kepanasan dari suhu mesin itu sendiri hal ini karena posisi penempatannya yang kurang bagus.

    tapi saya akhirnya nyerah sama Liberty, saya balik ke motor jepank, lebih tangguh kalau buat harian dan perawatan juga mudah. hehehe.

    semoga membantu.

    Like

Leave a comment