Mencicipi nunggang MV Agusta Brutale 1090R

Brothers & sisters…, suatu keberuntungan bagi saya ketika ditawari untuk mencoba nunggang MV Agusta Brutale 1090R. Bagaimana tidak beruntung, wong melihat aslinya aja saya belum pernah, lha ini malah diajak nyoba nunggangi.

Ketika melihat sosok motor bermesin 1078cc ini saya berdecak kagum. Ini motor ganteng banget, kombinasi design lekuk-lekuk tubuh si motor, warna dan stripping sungguh membuat siapapun akan mengaguminya. Ditambah lagi kekekaran body, mesin dan kaki-kaki yang kokoh, waah udah tampan gagah pula.

DSC02413a

Motor keren ini memiliki mesin 4 silinder, 4 stroke,16 valve DOHC. Mampu memuntahkan tenaga 142 hp pada 10300 rpm, torsi 112 Nm pada 8100 rpm. Opo gak joss tenan…!! Kompresi nya tinggi banget oey.. 13:1, tentunya dianjurkan utk tidak digrojog bbm jenis premium.

DSC02414a

Sekalipun berbody besar dan kekar, bobot motor ini ternyata gak berat-berat amat, masih lebih berat si Ninjo (ER6F). Karena itu lah waktu saya duduk di sadel motor ini kok terasa ringan, sekalipun kaki saya jinjit tetapi tetap percaya diri krn bobotnya gak bikin keder.

DSC02415a

Duduk di sadel, puter kunci kontak on, tekan tombol stater brummmmmmm….. suara mesin empat silinder terdengar menghentak rapat dan merdu. Suara knalpot double barrel asli bawaan motor terdengar kalem tdk meledak-ledak. Hmm…., empat silinder memang beda sensasi suaranya.

Tekan kopling masuk gigi satu, lepas kopling sedikit si tampan pun meluncur. Masuk gigi dua tarikan terasa ringan, tenaga dahsyat yg dialirkan mesin 1000 cc lbh ini terasa banget. Dengan gigi 2 di kecepatan 50-an kpj, nikung santai (gak pake rebah hehe..) motor ini ternyata gampang diajak nikung. Untuk ukuran motor besar, si ganteng ini enak nurut aja diajak belok.

saking semangatnya, helm & sarung tangan lupa dipake. Jangan ditiru ya...!!

saking semangatnya, helm & sarung tangan lupa dipake. Jangan ditiru ya…!!

Saya nyobanya hanya di lingkungan kompleks di mana saya tinggal, jalanan sepi..(sengaja pilih yg sepi, di jalan rame ngeri masbro..motor pinjeman gitu lho..). Saya pun hanya pake gigi 2 dg speed di 60 kpj aja, gak boleh kenceng2 di dalam kompleks. Pengereman, no question laah…jelas mantap..tap…tap..!!

Posisi riding gimana…?? Cukup nyaman, setang lumayan tinggi jd posisi gak terlalu nunduk. Memang tidak setegak Ninja 650, tetapi saya yakin masih enak untuk touring, punggung & pinggang gak cepat lelah. Seat height lumayan tinggi, sepertinya sama dengan Z800 yg membuat saya harus jinjit. Walau tinggi jok nya sama dg Z800, namun saya pribadi jauh lebih percaya diri naik si Brutale 1090R ini. Mungkin karena bobotnya yg jauh lebih ringan ya…

Demikian masbro / mbaksis yang bisa saya sharingkan, semoga berguna. Special thanks to mas Leopold yang sudah memperkenalkan saya dengan si tampan bin gagah ini.

 

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Motor, Motor Italy, Motor Touring, Motorcycle test, sport bike, Street bikes, Test Motor Baru and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

35 Responses to Mencicipi nunggang MV Agusta Brutale 1090R

  1. jiah sangarrr ngeces euy….

    Like

  2. Yoshi says:

    nyoba dulu sebelum beli 🙂

    Like

  3. Indra says:

    142 hp? wuaah… guanteng tenan motornee….

    Like

  4. Mase says:

    wuih motor keren…senengnya bisa test ride beginian….

    Like

  5. Mas Sayur says:

    kereen,Pak Lexy… 🙂

    Like

  6. potretbikers says:

    Motor kelas wahid terus, yang di Cicipi…muantabb!!

    Like

  7. Sigit says:

    wah, aku kapan yo 😀

    Like

  8. Andrian says:

    kok pada dikasih nunggangin motor mv agusta sich…?? kok saya enggak ya…,mas mau ngasih pinjem gag..?? sejam aja..hehehe3

    Like

  9. Leopold S says:

    pinjem ngetest dong mas ehehehe

    Like

  10. jurigkamera says:

    motor sangar, bikin sangar yang naekinya juga 😀

    Like

Leave a comment