Lakukan perawatan kendaraan secara rutin agar terhindar dari masalah

Brothers & sisters…, kendaraan Toyota Innova saya sudah berumur lebih dari 8 tahun dan telah menempuh jarak 204 ribu km lebih. Saya membeli mobil ini dari baru dan sudah beberapa kali bolak-balik Jakarta – Jember, sudah pergi ke banyak tempat wisata di Jawa, Bromo, kota Batu, Jogja, Sarangan, Guci, Lembang, Anyer, Carita dll.

DSC02996aSelama 8 tahun lebih memakai Innova type V ini belum pernah sekali pun mengalami masalah di jalan yg disebabkan oleh performa mesin atau body. Sampai saat ini performa mobil ini tetap mantaap walau memang tidak seperti ketika masih baru. Misalnya waktu beberapa bulan yang lalu saya pakai naik ke Bromo, saat menanjak tajam mesin matik Innova saya ini sudah tidak segesit waktu baru dulu. Tapi kalau utk di jalanan rata di Jakarta melaju di tol dg kecepatan 100 – 120 kpj masih oke banget.

DSC02990aKuncinya, perawatan rutin. Saya hanya ke bengkel ketika sudah waktunya servis yaitu setiap 10 ribu kilometer. Selain servis berkala itu, seingat saya, saya tidak pernah ke bengkel, karena memang tidak pernah ada masalah.

DSC02993aBiaya ke bengkel beragam antara 600 ribu sampai 3 jutaan, tergantung jenis servis dan part yang harus diganti. Toyota sdh punya patokan usia setiap part mobil yg diproduksi, saya mengikuti saja kalau memang waktunya ganti ya ganti. Yang pasti diganti setiap servis ya oli mesin.

DSC02991aDengan perawatan rutin itulah si Innova masih nyaman dipakai dan tidak pernah bikin masalah di jalan.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Mobil MPV and tagged , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Lakukan perawatan kendaraan secara rutin agar terhindar dari masalah

  1. wuih, udah lumayan banyak juga ya kilometernya om lex, tapi tetep kinclong euy, mantap

    Intermezzo mantan motor
    http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/03/17/intermezzo-kawasaki-eliminator-mm-gimana-ya-kabarnya-sekaranng/

    Like

  2. ipanase says:

    logis…..
    masalahnya kalau motor dan cuma 1 1 nya, bisa jadi sering terabaikan mengingat kesibukan, .. mau ke bengkel sibuk, kalau sampai ngadat dan mogok karena satu2nya juga ribet

    Like

  3. Leopold S says:

    Masih muyussss mas. hebat 200rb km….

    Like

  4. inject says:

    premium apa pertamax om minumnya?

    Like

  5. Aluvimoto says:

    kalau tiap 10rb km (1 tahun 😆 ) keluar 3 juta buat servis, tiap bulannya nabung 500rb cukup kali ya :mrgreen:

    Like

    • paktarno says:

      200.000 km : 10.000 = 20.
      berarti
      20 x 3 jt = 60 jt buat servis selama ini.
      ———————————–
      200.000 : 8 tahun = 25.000 km/tahun. atau 2000 km lebih per bulan.
      mobil capek juga nih.. wajar 8 taun blom overhaul.

      Like

  6. rafael says:

    aku salud…bgt.

    Like

  7. Terimakasih artikelnya

    Like

Leave a comment