Pembeli mobil Indonesia : Exterior dan interior sangat penting, spesifikasi teknis kurang diperhatikan

mm_gal_item_c2_8.img_resize.img_stage._3Brothers & sisters…, tulisan ini berdasarkan pengamatan saya dan dari ngobrol-ngobrol dengan beberapa teman yang membeli mobil baru. Pada umumnya konsumen mobil di Indonesia memilih mobil berdasarkan kriteria-kriteria ini:

  1. Design – banyak yang membeli mobil karena menurut mereka design mobil tersebut bagus, cakep, keren. Ini termasuk design exterior yang menawan, kelihatan elegan, cakep, macho, dll. Kemudian design interior, apa yang ada di dalam mobil, dashboard, audio, video, jok, kelegaan, air conditioner, dll.
  2. Merek – banyak yang memilih mobil karena percaya bahwa kalau merek tersebut sudah pasti bagus. Tidak bisa dipungkiri mobil yang sudah dikenal luas lebih mudah memasarkannya karena memang sudah dipercaya masyarakat.
  3. Harga – factor harga mobil termasuk yang menjadi pertimbangan utama bagi kebanyakan konsumen mobil. Terutama bagi masyarakat menengah ke bawah. Kalau untuk kalangan “the have” uang bukan menjadi masalah. Tapi bagi kalangan menengah ke bawah, membeli mobil tentunya disesuaikan dengan kemampuan financial.
  4. Peruntukan – banyak yang memilih mobil dengan disesuaikan peruntukannya. Untuk keluarga ya beli mobil yang besar yang muat banyak penumpang.

Ketika ditanya bagaimana dengan factor keamanan. Ternyata sangat jarang yang mempertimbangkan factor keamanan suatu mobil saat mereka menentukan pilihan. Misalnya ada gak airbag nya, ada gak sejarah uji coba keamanan dari benturan dari depan, belakang, samping… waah semua ini hampir tak terpikirkan.

Demikian juga ketika ditanya tentang spesifikasi mobil yang mau dibeli, berapa torsi maksimum nya, berapa tenaga maksimum nya, pengereman nya, suspensi nya bagaimana…? Apaan tuuh torsi..? kagak ngarti ah..!!  Rem cakram..? ABS..? apaan tuuh..?

Di setiap brosur kendaraan pasti ada dicantumkan spesifikasinya, tapi kebanyakan ya gak dibaca. Yang dilihat biasanya gambar2 exterior dan interior. Waaah cakep ya modelnya, wuuiih lampunya keren, audionya mantap, bisa nyambung ke Ipod lho…. AC nya double blower, asyik niih adem.

Saya sendiri juga begitu dulu, sebelum kenal blog otomotif yang namanya spesifikasi teknis kendaraan betul-betul gak pernah terpikirkan. Apalagi sampai membandingkan spek teknis kendaraan yang satu dengan yang lainnya. Yang penting modelnya bagus, harganya terjangkau dan merek terkenal (baca: banyak yg beli).

mm_gal_item_c2_0.img_resize.img_stage._3Saya pikir ada baiknya produsen / dealer saat jualan juga memberikan edukasi kepada masyarakat calon pembeli, bahwa di samping yang kelihatan dg mata (model, exterior & interior), ada juga hal-hal lain yang perlu diperhatikan factor keamanan dan spesifikasi kendaraan.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Tranportasi and tagged , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Pembeli mobil Indonesia : Exterior dan interior sangat penting, spesifikasi teknis kurang diperhatikan

  1. Andrian says:

    sepakat..memang begitu adanya orang indonesia..yang penting model dan harga 😀

    ***************************************

    Honda PCX semakin Merakyat..!!

    Like

  2. haryudh4 says:

    Kalo untuk urusan keamanan, ya gimana ya… Selama orang masih berpikiran “Nyawa itu di tangan tuhan…” ya sama sekali gak peduli. Tanya aja kebanyakan orang yang suka naik motor gak pake helm, serobot lampu merah dll. Tiap kali ditanya “Ya, gak ada Polisi ini…”.

    Like

  3. ipanase says:

    buat apa neg boros tak bertenaga 😦

    Like

  4. motobikerz says:

    Kia Poetri, Brand Ambassador Ducati Superbike Owners
    http://motobikerz.com/archives/2822

    Like

  5. nelvian says:

    satu lagi, Resale Value harus tinggi… belum beli udah mikir harga jual nanti gimana… 😆

    Like

  6. Leopold S says:

    Betul sekali mas, model jadi faktor utama…

    Like

Leave a comment