Pendopo Agung Royal Ambarrukmo

Brothers & sisters…., kebetulan lagi di Yogyakarta menghadiri sebuah seminar di Royal Ambarrukmo hotel. Ada sebuah bangunan yang menarik perhatian saya di lingkungan Ambarrukmo ini. Bangunan ini mengingatkan saya pada sebuah bangunan di desa saya di masa kecil dulu. Itulah sebuah pendopo besar yang terletak di antara hotel Royal Ambarrukmo dan Ambarrukmo Plaza.

image

Nama bangunan ini adalah Pendopo Agung Royal Ambarrukmo. Bangunan ini memiliki ciri khas sebuah pendopo di Jawa di masa lalu. Lho kok masa lalu..? Betul, dulu di daerah Jawa mudah ditemui pendopo di desa2 hampir di setiap daerah. Pendopo jaman dulu dipakai untuk tempat pertemuan aparat desa dan juga warga desa. Tetapi saat ini bangunan pendopo ini sudah banyak berkurang. Masih bisa ditemui di kota-kota tertentu tetapi tidak sebanyak dulu.

image

Menurut saya bangunan-bangunan yang memiliki ciri khas arsitektur Jawa ini seharusnya dipertahankan. Kalau tidak maka lama kelamaan bangunan-bangunan ini akan hilang, akibatnya hilang juga ciri khas yang kita miliki.

image

image

image

Semoga kita masih punya hati untuk mencintai dan mempertahankan warisan nenek moyang kita.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Travelling, Tujuan Wisata and tagged , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Pendopo Agung Royal Ambarrukmo

  1. ipanase says:

    sip gak ajak2

    Like

  2. orong-orong says:

    ane pernah mampir juga disini

    Like

Leave a comment