Pertama kali traveling Surabaya – Jember – Surabaya dengan pesawat Garuda

Brothers & sisters…, minggu lalu saya pulang kampung untuk mengunjungi ibu yang sudah sepuh. Orang tua itu kalau dikunjungi anak nya yang jauh akan merasa bahagia sekali. Ditelpon saja sudah sangat senang apalagi dikunjungi langsung. Saya memang berusaha bisa berkunjung ke kampung 3 – 4 bulan sekali.

Pulang kampung kali ini berbeda dengan yang sudah-sudah. Kalau tidak membawa mobil sendiri, saya ya naik pesawat dari Jakarta ke Surabaya, kemudian sambung dengan bus Surabaya – Jember. Perjalanan dengan bus ini yang lumayan memakan waktu lama, bisa 4 – 5 jam baru sampe. Sejak bulan Juli 2014 lapangan terbang Notohadinegoro di Jember sudah beroperasi kembali dan Garuda Indonesia merupakan satu-satunya maskapai penerbangan yang melayani rute Surabaya – Jember – Surabaya.

DSC04175Saya sudah membeli tiket jauh-jauh hari baik itu tiket Jkt-Sub (PP) maupun Sub-Jbr (PP). Membeli tiket jauh-jauh hari dapat mengirit beberapa ratus ribu rupiah, karena kalau beli tiket jauh2 hari biasanya bisa mendapatkan harga tiket yang murah. Saya ambil penerbangan jam 6:10 pagi dari Jakarta dan tiba di Surabaya jam 7:25. Penerbangan ke Jember jam 9:15, jadi masih ada cukup waktu untuk check in di Garuda.  Yang saya gak antisipasi adalah perpindahan dari terminal 1 ke terminal 2 di airport Juanda. Garuda Indonesia menggunakan terminal international yang jaraknya lumayan jauh dari terminal domestic. Dulu semua ada di terminal yang sama. Jadi lah terburu-buru naik taksi ke terminal international.

Tiba di terminal 2 langsung check in, waah lega masih ada waktu cukup untuk ngopi dan sarapan dulu. Masuk ke ruang tunggu untuk penerbangan ke Jember ternyata cukup banyak calon penumpangnya.

DSC04173Tepat seperti jadwal (ini yg aku suka), kami boarding ke pesawat ATR72-600 yang menunggu di landasan. Pesawat baling-baling yang masih relatif baru ini cukup besar, muat 70 orang dan di dalam juga lumayan longgar. Penumpang hari itu tidak penuh mungkin sekitar 80% dari tempat duduk terisi. Setelah semua siap pesawat pun meluncur di landasan pacu dan terbang dengan sangat mulus.

Terbang tidak terlalu tinggi hanya 12 ribu kaki, kata pilotnya. Melewati laut antara Madura dan Jawa menuju ke Timur, baru berbelik ke selatan setelah melewati gunung Argopuro. Jadi pesawat terbang di antara dunung Argopuro dan gunung Raung, baru mendarat di Jember. Penerbangan relatif cepat, cuma 50 menit, jadi jam sepuluh lewat dikit saya sudah berada di Jember.

Berikut pemandangan dari dalam pewasat :

DSC04181a

DSC04183aDSC04186aDSC04187a DSC04189aDSC04194aDari Jember ke kampung saya bisa ditempuh dengan taksi yang banyak menunggu di parkiran bandara Notohadinegoro. Jam 11 pagi saya sudah sampai di rumah.

Bagi saya adanya penerbangan Surabaya – Jember – Surabaya ini sungguh sangat membantu. Saya yakin demikian juga bagi masyarakat Jember dan Surabaya, adanya pelayanan penerbangan ini sudah pasti banyak manfaat nya. Untuk Jember sendiri dengan adanya penerbangan ini tentu akan membantu dalam pengembangan daerah Jember di banyak bidang termasuk bidang pariwisata.

 

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Pemandangan Alam, Travelling, Tujuan Wisata and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

18 Responses to Pertama kali traveling Surabaya – Jember – Surabaya dengan pesawat Garuda

  1. miloucil says:

    Mas Lexy, salam kenal mas. Saya Rizki.

    Maaf mau tanya sedikit mas, saya rencananya juga mau terbang dari Surabaya ke Jember. Untuk di Jembernya, dari Bandara ke kota Jember, apa ada taksi atau mobil carteran ya mas?

    terima kasih mas.

    Like

    • lexyleksono says:

      Di bandara banyak taxi kok, memang bandaranya masih kecil dan masuk ke dalam daerah Ajung. Tapi taxi banyak di bandara. Atau coba telpon sorpir taxi yg ngantar saya waktu lalu ini nomornya 082337609195, bisa janjian dulu biar ditunggu di bandara. Dari bandara ke kota jember sekitar 20 menit.

      Like

  2. salam kenal mas lexy,

    klo dari T1 ke T2 Juanda ada shuttle bus ga?

    Like

    • lexyleksono says:

      Salam kenal mas, trimakasih sudah mampir di blog sini. T1 – T2 ada shuttle bus gratis mas, hanya saja sopirnya suka agak lama berhentinya. Kalau lagi buru-buru sebaiknya naik taksi saja, sekitar Rp. 70 ribu.

      Like

  3. yuli says:

    siang mas lexy…..aq bln 5 niatnya mau jmber.tp aq mau naik pesawat dari bandara juanda srbya kejember.klo malem ada penerbangan nya jam berapa ea mas.karena aku sampai dijuanda nanti jam tengah satu malem.

    Like

  4. yuli says:

    siang mas lexy….mas kalau dr bandara juanda kebandara jember brp harga tiketnya ea ?dan apa ada penerbangan yg malam hari ?karna aq nanti smpai dibandara juanda jam 12.30 malam.
    trima kasih mas lexy

    Like

  5. Andi Nasution says:

    Mas itu taksi dari T1 ke T2 Juanda harganya 70 rb? mahal juga ya mas. Waktu tempuhnya berapa lama mas? Itu pake argo engga ya? dan apa mesti tawar menawar? makasih ya infonya…

    Like

  6. Anna Ihwati says:

    I will to knows, hope you can give me bit information,
    Flight from Jember to Sumenep still got it , before I heard is twice a week for flight , in Monday and Thursday but I don’t know it’s true or not
    I have in two time ready flight from Surabaya to Jember ,it’s nice can save for the time

    Like

  7. kerupuk says:

    kalo ga salah pict. ke-tiga itu gili ketapang probolinggo, tempat dimana kambing omnivora… hehehe

    Like

  8. Monica says:

    maaf numpang lewat om lexy 😉
    YUKK yang mau jalan2 ke Jember, silahkan kunjungi Travel Jember,

    Like

Leave a comment