Apes, pulang kopdar ban belakang si Jlitheng kena paku

Brothers & sisters…, hari Rabu malam kemarin kami warga Estrella Owners Indonesia (EOI) Bintaro dan sekitarnya ngumpul di Lot 9 Bintaro. Waktu saya datang di Lot 9 di sana sudah ada kang Yos Maestrohand sendirian duduk tempat favorit, di luar ruangan pas di bawah pohon. Setelah saya datang menyusul kemudian yang lain2, total ada 7 orang. Tujuh motor semua warna hitam dengan tempelan aksesoris masing-masing. Tanpa janjian ternyata semua riders juga berpakaian hitam hehe. Kang Rachmat & motor nya gak ikutan foto..telat siih datangnya..

2015-04-29 20 17 13_resized

Seperti biasa kalau lagi ngumpul pasti ngobrolin sekitaran motor tunggangan dan rencana-rencana ke depan. Sambil ngobrol tentunya kami juga menikmati minuman kopi, air mineral dll, serta cemilan kecil. Gak terasa waktu berjalan dan menjelang jam 10 malam kami bubaran.

Motor-motor yg lagi kodar.

Apes banget saya, pas baru beberapa puluh meter meninggalkan Lot 9 saya merasa ban belakang si Jlitheng geal-geol. Waduuh…kempes niih. Saya coba tuntun, beratnya minta ampun gak kuat dorong dalam kondisi ban kempes. Akhirnya nekat saya naikin pelan-pelan sambil mencari tukan tambal ban yang masih buka. Beruntung setelah berjalan sekitar 3 km ada tukang tambal ban yg masih buka dan dengan ramah menolong saya. Akibat ulah saya menaiki motor dlm keadaan ban kempes, ban dalam bisa sampe keluar dan sobek-sobek. Waah…jangan ditiru bro-sis, kalau kempes sebisa mungkin dituntun saja deh. Si mas penambal ban langsung buka ban dalam yg sudah compang-camping dan terus meluncur dengan motor bebek nya mencari ban dalam di toko ban. Entah nyari di mana tapi dia balik 20 menit kemudian dengan membawa ban dalam baru. “Terpaksa saya gedor2 pak toko nya, lha sudah tutup, untung nya ada ban nya”. Syukurlah…!! Dia bongkar roda belakang si Jlitheng dan terus dipasang lagi setelah ban dalam berhasil terpasang. Setelah semua dipastikan baik, saya langsung pulang. Tiba di rumah sekitar jam 11:30 malam. Saya berterimakasih banget sama si tukang ban yang ramah dan dengan senang membantu.

Pelajaran dari peristiwa ini : 1. Sebaiknya bawa ban dalam cadangan; 2. Kalau memungkinkan ganti pakai ban tubeless; 3. Standar tengah sangat dibutuhkan saat ganti ban (untung si Jlitheng sudah pakai standar tengah). 4. Saat ban motor kempes sebaiknya jangan dinaiki.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Kawasaki, Kawasaki Estrella, Kawasaki retro klasik and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Apes, pulang kopdar ban belakang si Jlitheng kena paku

1. yogieza says:

hehe,resiko naik motor mah gitu om, dah jamak lah hehe 😀
    ceritanya sama persis dg cerita teman saya yg pulang dari luar kota dg motor BSA 56nya. Ceritanya saat itu perjalanan ke rumah masih jauh di sore hari & terasa roda belakang agak goyang. teman saya belum sadar kalo ban belakang yg dah kempes & dikiranya jalannya yg bikin goyang-goyang pantat haha. setelah puluhan meter jalan dg kondisi roda belakang goyang dombret & diketawain rombongan CB akhirnya teman saya berhenti & mengecek roda belakang yg ternyata bocor sukses. akibat dari ban kempes & dikendarai puluhan meter tadi mengakibatkan ban dalam keluar & sobek panjang sehingga tidak bisa dipakai lagi. posisi dg tambal ban juga jauh tuh kan,akhirnya dorong tuh motor BSA yg super berat itu hehe. setiap 10 meter sekali teman saya berhenti menuntun motor BSAnya karena capek meski dibantu dg motor BSAnya hidup. hingga akhirnya ketemu tambal ban & stok ban dalam motor BSA yg ring 19 pun tak tersedia Bro.akhirnya tukang tambalnya nyari ban dalam ukuran 19 di tempat lain & nemu tapi ukurannya lebih kecil. karena darurat akhirnya dipasanglah itu ban dalam kecil yg penting bisa kembali ke rumah dulu hehe.
    pesan saya bagi pengendara motor klasik :
    – sedia ban dalam cadangan ring 19 bagi yg memakai roda ring 19, sediakan 2 buah sekalian
    – selalu cek tekanan angin ban karena ban menahan berat motor klasik yg berat, besi tua kek BSA berat bgt Brooo.
    – bila ban luar dah mulai rontok kembangannya maka sebaiknya diganti secepatnya. hunting dulu di toko ada gak tuh stok ban ukuran 19 hehe 😀
    – bila saat tour di jalan ternyata ban kempes maka stop ridingnya, dituntun Bro biar ga sobek tuh ban dalamnya
    – hati-hati kena lubang besar di jalan, bisa bikin bocor ban tuh kalo kena.
    demikian & terima kasih, salam ngeBlarrr 😀

Liked by 1 person

2. PotretBikers says:

pakai tubeles, belum tentu aman 100% juga om….pengalaman waktu riding di desa, tahun 2013’an…pada gak bisa nambal ban tubeless 😦

Video Sensasi berkendara dengan Royal Enfield, dalam keadaan High Speed

Liked by 1 person

3. mr kite says:

Sebenarnya ga papa dinaikin dalam kondisi kempes asal baut pentil ban dalamnya di kendorin dulu. Supaya ada ruang gerak ban dalan biar ga sobek dibagian pentilnya. Beberapa kali saya gituin alhamdulillah bisa. Tapi bawanya pelan aja.

4. siwidi says:

untuk velg seperti estrella apa bisa jadi ban tubeless om?

5. Roevlyanto says:

Salam kenal om lexy, saya tinggal di timur jakarta ….. Klu mau ikutan gabung ngobrol dimana ya …. Buat Nambahin temen dan silaturahmi saja

• lexyleksono says:

Salam kenal dan trimakasih udh mampir. Pakai motor apa ? Kalau estrella blm banyak populasinya, tp sering Jum’at mlm kumpul di Smesco. Ninja 650 jg sering kumpul di situ

6. Dani says:

Salam kenal om,
    Kebetulan lokasi saya di daerah bintaro juga, alhamdulillah baru meminang yang se
    Mohon ajarannya

7. Suryono says:

Om mau tanya kalo ganti ban estrella bisa pakai ukuran berapa tampa merubah kaki kaki dan velg ori nya.
    Terus ban nya yg bagus merek apa om.