Bercocok tanam yuuk… Pisang di pot bisa berbuah..? Bisa banget..!!

Brothers & sisters…, kata banyak orang pinter hidup dikeliling pohon-pohan hijau itu menyehatkan dan katanya lagi merawat tanaman itu bisa menghilangkan stress… Bagi orang yang hidup di perkotaan denga lahan yang terbatas memang rada susah untuk menanam pohon. Beda dengan di desa banyak tanah yang kosong bisa untuk bercocok tanam.

Sudah lama saya pengin menanam pisang, tetapi halaman rumah saya gak cukup luas untuk menanam pisang. Saya punya pohon belimbing di pot dan berbuah, pohon sawo juga di pot dan berbuah juga. Bagaimana kalau menanam pisang di pot..? Coba saja laah, siapa tahu bisa berbuah. Beberapa bulan lalu saya berkunjung ke rumah kakak di Jombang, Jatim, di sana banyak pohon pisang. Saya minta bibit anakan pisang yg masih kecil supaya bisa saya bungkus koran dan dimasukkan ke ransel. Sampai di rumah saya gak bisa langsung tanam, wong belum sempat cari pot dan media tanam. Jadi itu anakan pisang sempat mangkrak seminggu. Saya membeli pot yang besar dan beberapa bungkus tanah campur pukuk kandang untuk media tanam.

Isi pot separuh dengan media tanam, kemudian letakkan anakan pohon pisang pas di tengah. Setelah itu isi pot dengan tanah sampai hampir penuh. Kemudian siram dengan air. Sudah hanya begitu saja, gampang kan..

Pisang yg saya tanam di pot sudah berbuah dan juga ada anakannya.

Pisang yg saya tanam di pot sudah berbuah dan juga ada anakannya.

Pohon pisang gampang bertumbuh dan dengan media tanam yg bagus, pisang akan tumbuh subur. Pohon pisang membutuhkan banyak air, karena itu kita harus rajin menyiram pagi dan sore. Daun-daun tidak perlu dibiarkan banyak, buang saja yg bawah sisakan 6 – 7 pelepah, dengan begitu tanaman akan tetap terlihat rapi dan sehat. Pada saat tiba masa berbuah, pohon pisang yang sehat akan menghasilkan buah yang bagus.

DSC06018a

Buah nya lumayan banyak, sekalipun ditanam hanya di pot.

O ya.., supaya pot tidak mudah roboh, buat penyangga dari kayu atau bambu atau paralon yang penting cukup kuat untuk menopang agar pot tetap berdiri tegak. Setelah berbuah, kurangi daunnya, tujuannya agar buah bisa tumbuh besar-besar dan juga mengurangi beban atas agar pohon tidak gampang roboh kalau ada angin kencang.

Selamat mencoba..!!

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Pertanian, Tanaman, Tanaman Buah, Tanaman pertanian and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Bercocok tanam yuuk… Pisang di pot bisa berbuah..? Bisa banget..!!

  1. Mase says:

    Waini baru tahu saya kalau ada pohon pisang ditanam di pot… Sip om perlu ditiru…

    Like

  2. bejoselamet says:

    weits mantap om itu pisang apa? btw saya juga suka nanam tapi yg keluar bunganya 😀

    Like

  3. wah sebetulnya ada om, pisang yang ukurannya maximal 1,5mtr tingginga. Seperti pisang lampung buahnya tapi agak orange. Saya dulu pernah tanam di pekarangan belakang. Cuman agak sedikit asam buahnya. Sepertinya cocok untuk media dalam pot.

    Like

  4. k5538gl says:

    pernah tanam pisang cavendis, pot pake drum bekas dipotong dua, media tanam tanah dari pembuangan sampah. enaknya pisang cavendis pohonnya pendek

    Like

  5. peri says:

    Bro tanya mih “si pot separuh dengan media tanam”, media tanam itu apa tanah kompos atau apa ?
    Thanks

    Like

  6. spicaland says:

    makasih infonya. pengen nyoba menanam pisang di pot 😀
    butuh berapa lama pak dari mulai menanam sampai berbuah?

    Like

  7. nikonik says:

    halo mas, saya tertarik untuk mencobanya kebetulan baru beli bibit pisang badak yang tingginya 1,5 m maksimal, itu potnya ukuran berapa ya, dan pemupukannya gimana agar berbuah…

    Like

  8. sigitheru says:

    kl pk polibag plastik hitam bs ndak y?min diameter brp om?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s