Kuliner: menikmati sarapan ikan sungai di warung pinggir sungai Cisadane

Brothers & sisters…, sarapan di McD, sarapan nasi pecel, sarapan bubur ayam didalam kota, ah…itu terlalu maintream..!! Nyari suasasana lain dari yang lain saya mencoba mencari tempat makan yang bersuasana pedesaan, dengan masakan khas desa, ikannya juga ikan sugai bukan ikan ternakan di kolam. Perburuan tempat makan ini akhirnya membawa hasil juga. Dari mbah google maps saya nemu warung makan ikan cere bu Tini yang terletak di pinggiran Serpong tidak jauh dari BSD. Kalau dari BSD ambil jalan ke arah Muncul, di perempatan Muncul belok kanan ke arah Cisauk. Terus saja menyusuri jalan itu, tepat sebelum jembatan kai Cisadane ada jalan masuk ke kanan. Jalannya kecil dan menanjak, kondisi jalan juga jelek, jalan tanah yang gak rata. Jadi ya mesti hati-hati, kira-kira seratus meter setelah memasuki jalan ini akan terlihat bangunan dari bambu beratapkan jerami, itu dia warungnya.

si Jlitheng parkirdi halaman warung

si Jlitheng parkir di halaman warung

DSC06696aWarung sederhana ini ternyata lumayan besar, tempat makannya model lesehan. Kanan-kiri dan belakang warung ini kebun singkong dan macam-macam, di depannya halaman cukup luas hanya beberapa meter dari sungai besar Cisadane. Di bagian belakang warung ini merupakan dapur besar dengan tungku-tungku. Apinya dari kayu bakar, mungkin karena penggorengannya besar2 diperlukan juga tungku yang besar. Saya blusukan ke dapur untuk melihat ikan-ikan yang akan digoreng.

Ikan wader dari sungai Cisadane siap untuk digoreng.

Ikan wader dari sungai Cisadane siap untuk digoreng.

Belut tangkapan dari sawah siap masuk penggorengan

Belut tangkapan dari sawah siap masuk penggorengan

Hari ini hanya ada ikan wader (ada yang menyebut ikan cere), ikan sungai kecil-kecil kalau digoreng gurihnya top banget. Ada juga belut, belut ini bukan dari sungai tapi ditangkap dari sawah-sawah. Warungini memang hanya menyajikan masakan ikan tangkapan dari alam, kebanyakan dari sungai Cisadane.

saya dan istri, foto-foto sambil nunggu ikan dimasak.

saya dan istri, foto-foto sambil nunggu ikan dimasak.

Ikan dan belut yang sudah digoreng kering disajikan bersama sayur daun singkong dan daun pepaya rebus, irisan timun dan sambal yang aduhai, dan tentunya nasi yang masih hangat.

Ikan yang dudah digoreng garing, renyah dan nikmat banget.

Ikan yang dudah digoreng garing, renyah dan nikmat banget.

Banyangkan makan makanan desa, di lingkungan pedesaan di pinggir sungai lagi, opo ora nikmat tenan.

Sekalipun tempatnya tersembunyi dan tidak ada plang petunjuk keberadaan warung ini, pengunjung nya ternyata banyak. Menurut ceritanya, jam 10 pagi biasanya sudah rame pengunjung. Bersama kami jam 9 pagi sudah ada 2 keluarga dengan dua mobil yang datang. Semakin siang akan semakin banyak yang datang.

DSC06687aBagi saya, warung ini cocok untuk sarapan atau makan siang. Tempatnya terbuka, kalau pagi masih sejuk, kalau siang angin akan berhembus semilir bikin betah duduk di warung ini. Selamat berburu bagi pecinta kuliner dan selamat menikmati.

 

 

 

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Kuliner, Kuliner BSD, Makanan Khas, Nature and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Kuliner: menikmati sarapan ikan sungai di warung pinggir sungai Cisadane

  1. ardiantoyugo says:

    wagh… wader goreng sedep tuh… kriuk kriuk…

    Like

  2. omocho says:

    mangtabh tu om..

    Like

  3. gilaroda2ga says:

    Ngiming2i…

    Like

  4. Wilicandra says:

    Minta location google maps nya dong Om please…

    Liked by 1 person

  5. barrabaa says:

    ngiler sama belutnya.. duh jadi laper nih om.. 😀

    Like

  6. niexxom says:

    Gan kirim google mapnya dong

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s