Perlu gak siih test sendiri top speed motor kita ?

Brothers & sisters…., membaca salah satu postingan blogger tentang seorang yang meninggal karena kecelakaan ketika sedang ngetest top speed sebuah motor di jalan raya, saya jadi bertanya-tanya apa perlu ngetest sendiri top speed motor kita, apa urgency nya..??

2016-01-14_09.43.42_resizedYg di atas ini top speed tergantung mesin penunggangnya..

Sejak punya awal punya motor mulai dari supra x 125, spacy, liberty 150, ninja 250, ninja 650, estrella 250 hingga vulcan 650, belum sekalipun saya ngetest top speed motor-motor tersebut. Untuk apa..? Balapan juga enggak, ngejar maling juga enggak, buru-buru juga enggak.

DSC06083a

Yg di atas ini maah, gak usah tanya top speed nya..

Kecepatan rata-rata berkendara di Jakarta paling sekitar 30 kpj, kalau sempat gas kenceng juga cuma beberapa detik sudah ngerem habis. Coba perhatikan kecepatan motor-motor di kota-kota atau di desa-desa, kenceng-kenceng kah?? Enggak..!! yang pasti gak ada yang perlu top speed untuk berkendara di jalanan umum. Saat touring juga saya lebih suka santai, kalau jalanan kosong dan memungkinkan paling-paling lari sekitar 100 kpj pake moge loh. Lha terus untuk apa mesti uji top speed ??

20150815_172026aJalanan lurus dan kosong, uji top speed..?? Gak perlu banget..!!

Kalau beli motor untuk balapan di sirkuit, iya lah top speed itu perlu dan penting. Tapi berapa orang siih yang beli motor untuk balapan ? Kita mudah dibodoh-bodohin dengan kata-kata top speed motor ini segeni, motor itu segitu, padahal kita gak pernah memerlukan top speed itu.

Jadi.., mari kita berpikir dewasa jangan mudah terpengaruh atau tergoda dengan menguji sendiri top speed motor kita di jalan raya. Kecuali kita memang punya kemampuan untuk melakukan itu dan tidak dilakukan di jalanan umum. Kalau tidak, biarkan orang-orang yang memang ahli menguji top speed yang melakukannya. Selalu tekankan prinsip kehati-hatian.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in gowes, Motor, Motor harian, Motorcycle test, Test Motor Baru and tagged , , , . Bookmark the permalink.

24 Responses to Perlu gak siih test sendiri top speed motor kita ?

  1. Rizal Iman F says:

    Klo soal top speed sih saya gak terlalu tertarik mas,saya lebih suka ngetes akselerasi soalnya saya tinggal di desa yg jalannya banyak nanjak nan berkelok. BTW,mau nanya nih om lexy,besaran pajak mtr >250cc yg pernah om lexy punya berapa?

    Like

  2. Mase says:

    Untuk yg bernyali. Kalau saya mah gak lah.

    Liked by 1 person

  3. nbsusanto says:

    jujur sih penasaran top speed itu ada di diri saya om, motor maupun mobil iseng sampe berapa, tapi itu beberapa tahun lalu.. sekarang kok rasanya males ya ngetes top speed.. buat apa sih.. mikir resiko juga.. yang mobil itu malah kehabisan nyali.. kepikir yang macem-macem.. kendaraam sekarang yang penting mumpuni untuk jalan harian lah.. itu saya om.. :mrgreen:

    Like

  4. bijak skali om lex, setuju 🙂

    Liked by 1 person

  5. Why says:

    Makin kenceng…makin Susah ngerem nya … Apalagi pake moge …. Saya lebih menikmati suara motor saya oom … Merdu …

    Like

  6. barrabaa says:

    saya jaman remaja,, iya!! suka banget ngetes topspeed, asik buat memacu adrenalin dan show off ke teman2.. Akhirnya kebodohan itu berakhir ketika mengalami kecelakaan hebat saat lagi kenceng2nya…

    Saya sekarang, NO!!!!! Semakin dewasa biasanya orang semakin sadar kalau ngetes topspeed itu bener2 gak ada gunanya.. Walaupun ada juga yg udah tua tetep hobi ngelakuin ini, padahal bukan pembalap (mungkin jiwanya masih labil)..

    Buat teman-teman yang masih muda, mending jangan melakukan apa yang saya lakukan jaman dulu deh.. ngetes top speed motor = GAK ADA GUNANYA..

    Liked by 1 person

  7. maull says:

    Jajal topspeed lokasinya itu subang pamanukan pantura hari minggu jam 6 pagi cocok, kalo jakarta bekasi gak berani, kalo nekad juga boleh gatot subroto antara tebet kuningan hari minggu jam 6, tapi motor biasa jangan marah dah bangga dapet topspeed masih bisa disalip rider ducati yg mau sarapan pagi maklum jalur moge juga kalo minggu pagi. Atau ya santai sajalah dewasa dikit gitu….

    Liked by 1 person

  8. Renhan says:

    Sependapat om..

    Like

  9. morello says:

    baca artikelnya Om Lexy, bisa merasakan & cara dewasanya seorang biker, keep writing Om .. #suka&duajempol

    Like

  10. yang penting santai nikmatin jalan dan keep safety riding

    Like

  11. binunrider says:

    suka sekali artikel ini.. super !

    Like

  12. jildhuz says:

    Motor yg di panteng top speednya itu kalo emang motor 80cc saja

    Wkwkwk

    http://jildhuz.com/2016/04/02/alasan-leader-mlm-tidak-mau-memodali-calon-downline/

    Like

Leave a comment