Bermain-main dengan BMW R1200C – motornya James Bond

Brothers & sisters…., motor BMW R1200C memang dipakai untuk beraksi di film James Bond “Tomorrow Never Dies”. Bagi saya motor ini tidak hanya sekedar motor gede, tapi motor yang memiliki nilai seni juga. Motor model cruiser ini meliliki lekuk-lekuk body yang indah dan lain dari yang lain.

Saya dan istri foto di depan rumah bersama si Boxer R1200C

Saya dan istri foto di depan rumah bersama si Boxer R1200C

Sekedar informasi, motor ini memiliki mesin 1170cc, menurut data memiliki tenaga 61 hp, dan torsi 98 Nm pada 3000 rpm, berat 236 kg (dry). Torsinya gede di rpm rendah, pastes saja senggol sedikit gas nya langsung terasa jambakannya. Ketika tombol start dipencet, suara khas motor besar terdengar blethaak..brum..brum..brum… ketika mesin menyala ada hentakan / goyangan ke samping. Mungkin karena mesin boxer yang melintang ke samping itu atau apa sebabnya saya gak tahu.

Ini foto gaya-gayaan di jalan yg belum difungsikan, pelan-pelan supaya kelihatan riding positionnya.

Helm taruh dulu ini foto gaya-gayaan cuma beberapa meter di jalan yg belum difungsikan, pelan-pelan supaya bisa difoto dan kelihatan riding positionnya.

Riding position motor ini sangat santai, super nyaman dengan jok yang empuk dan suspensi yang top banget. Posisi tangan, badan dan kaki sangat santai. Ketika berbocengan dengan istri melewati jalan bergelombang, keempukan jok dan suspensi sangat terasa mengayun lembut. Untuk touring jarak jauh pasti enak gak bikin cepat pegel.

Jalan santai dengan motor ini terasa nyaman, saya tidak merasakan ada tenaga yang berlebih. Tetapi ketika gas ditarik sedikit responnya cukup galak, langsung tarikan kuat terasa banget. Ketika di gigi 3 saya tarik di kecepatan 100 kpj getaran di tangan mulai terasa, naik ke gigi 4 baru nyaman. Tidak ada petunjuk putaran mesin, jadi ya pakai perasaan saja kapan harus pindah gear nya.

Saya dan istri memanfaatkan jalan yg belum dilewati kendaraan untuk foto-foto.

Saya dan istri memanfaatkan jalan yg belum dilewati kendaraan untuk foto-foto.

Handling nya bagaimana? Bagi yang belum pernah mengendarai, perlu beberapa saat untuk menyesuaikan diri dengan si boxer. Begitu sudah terbiasa maka handling nya akan terasa mudah. Hanya saja untuk belok harus berhati-hati kalau belum terbiasa.

DSC06975aMinusnya motor ini, tidak ada indikator BBM, kalau kehabisan bbm kebayang repotnya kalau harus nuntun motor segede itu. Ground clearance rendah, kalau boncengan bisa gasruk poldur kalau gak hati-hati. Switch lampu sein terpisah, sein kanan di stang kanan, sein kiri di stang kiri. Mematikan lampu sein tombolnya terpisah juga, merepotkan dan perlu membiasakan diri.

Over all, senang bermain-main dengan motor keren ini. Sekalipun produksi jadul, tampilan dan performa motor ini layak diacungi jempol. Suatu karya seni yang luar biasa..!!

 

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in cruiser bike, Motor BMW, Motor cruiser, Motor Touring, Photography and tagged , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Bermain-main dengan BMW R1200C – motornya James Bond

  1. Leopold S says:

    suspensi telelever istilahnya, bertugas menyerap getaran agar tidak mengganggu handling di stang. Cocok banget ini mas, ga ambil?

    Like

  2. Leopold S says:

    getaran ke samping saat rev up dr idle itu khas boxer engine, karena pergerakan silinder yang horisontal.

    Like

  3. setia1heri says:

    keren om lexy…

    Like

  4. carguy2000 says:

    motor unik karena setup suspensinya, bapak beruntung bisa ngetes soalnya populasinya jg jarang sekali.

    Like

  5. andaru says:

    klasik and masih keren aja ya tuh motor
    saya kenal tuh jalan yang belum tembus ada dimana, sebelum polsek kan ya om lexy hehe

    http://www.andarupratomo.blogspot.co.id/2016/04/cek-alternator-generator-spul-er6-series.html

    Like

  6. Ilo says:

    Salam om… sesama penunggang 1200c

    Liked by 1 person

Leave a comment