Kuliner wuenaak wader goreng dan lele goreng khas Ambulu, Jember 

Brothers & sisters…, kalau sedang jalan-jalan ke daerah, kurang komplit rasanya kalau tidak mencoba kuliner masakan khas daerah yang kita kunjungi. Tiap-tiap daerah memiliki kekhasan nya sendiri dalam hal mengolah makanan, sekalipun bahan-bahan nya mungkin sama tetapi warna dan rasa yang disajikan berbeda. Karena itu masakan khas tiap daerah mesti dicoba.

Setiap kali saya berkunjung ke kampung halaman di desa kecil bernama Sidomulyo yang masuk wilayah kecamatan Ambulu, saya selalu menyempatkan diri untuk pergi ke kota Ambulu dan berburu wader goreng. Masakan ini tersedia di warung-warung makan kecil, bukan di restoran besar. Justru yang di warung-warung ini lah kita jumpai masakan-masakan unik dan khas.

Pulang kampung kali ini saya tidak menginap di rumah di kampung karena rumah sedang penuh dengan tamu-tamu dari luar daerah, demikian juga rumah saudara-saudara di kampung sudah penuh terisi tamu. Jadi saya & istri memilih menginap di hotel di kota Ambulu. Naah persis di samping hotel terdapat warung lesehan yang menyediakan masakan khas. Kebetulan tersedia juga ikan wader goreng. Waaah….ini dia yang selalu saya kangeni ada di sini. Langsung saya pesan 2 porsi wader goreng. Karena penasaran ingin nyobain rasa ikan lele goreng warung ini, saya pesan 1 porsi lele goreng.

Pesanan pun segera disiapkan dan tanpa harus menunggu lama pesanan pun dihidangkan. Ikan goreng disajikan di cobek lengkap dengan sambal terasi & tomat serta sayuran matang. Hmmm…hidangan seperti ini langsung menggugah selera ingin segera menyantap nya. Apalagi nasi putih yang dihidangkan masih hangat waaah…bertambah nikmatnya.

Ikan goreng nya lembut dan rasanya sangat gurih, sambal terasi & tomatnya mantap tidak terlalu pedas, pas di lidah saya, lalapan matang ketika di santap bersama sambal dengan nasi hangat wuuiih nikmat banget. Wis, gak usah di restoran mewah, di warung sederhana ini makan terasa enak bener. Lele goreng yang dihidangkan tidak digoreng kering, daging nya lembut dan enak, apalagi sambalnya mantap jian top tenan.

Karena pesan 3 porsi lauk untuk berdua rasa nya kenyang banget, tapi rasanya gak pengin berhenti makan, lha wong enak kok. Pelan-pelan tapi pasti, akhir nya habis juga itu semua makanan. Ketika bayar, harga nya murah banget. Ini juga ciri khas Jawa Timur, harga makanan relatif murah.

Monggo kalau mau nyoba…

 

 

 

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Kuliner, Makanan Khas, Restoran, traveling and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Kuliner wuenaak wader goreng dan lele goreng khas Ambulu, Jember 

  1. bagggong says:

    saya yg orang ambulu malah blom pernah beli disitu bro, hahaah

    Like

  2. Ceciliasanti Novitasari says:

    Hotel nya namanya hotel apa di jl.apa…?

    Like

Leave a comment