Memotret burung Sriti – bird photography

Brothers & sisters…, salah satu objek menarik untuk dijadikan target foto adalah burung. Tetapi untuk mendapatkan moment yang tepat untuk memotret burung itu susah-susah gampang. Kalau memang niat untuk hunting foto burung ya harus selalu siap dengan kamera yang mumpuni. Burung pada umumnya sulit untuk didekati, sehingga sulit untuk mendapatkan foto burung yang bagus tanpa kamera yang punya kemampuan tele yang baik.

Salah satu burung yang sering saya jadikan objek foto adalah burung Sriti. Burung ini mudah dijumpai, hampir di mana-mana ada. Tetapi agak sulit mendapatkan burung Sriti yang sedang hinggap diam. Burung ini lebih banyak menghabiskan waktunya dengan terbang kesana kemari untuk mencari mangsa. Mereka menyukai area terbuka seperti persawahan, dekat-dekat sungai atau danau dimana banyak serangga makanan mereka.

Untuk memotret burung ini saya menggunakan kamera dengan kemampuan lensa tele yang bagus. Burung Sriti berukuran kecil dan sulit didekati, jadi memotretnya harus dari jarak relatif jauh. Beruntung sekali kalau bisa memotret dengan jarak cukup dekat karena bisa mendapatkan foto yang lebih bagus. Kamera saku superzoom selalu jadi andalan saya, karena ringan, gampang dibawa dan siap setiap saat tanpa harus mengganti lensa.

Kalau menggunakan manual setting, kamera saya set di kecepatan tinggi minimum 1/250 karena burung ini biasanya selalu bergerak. ISO disesuaikan dengan pencahayaan, biasanya kerena di area terbuka jadi cahaya cukup terang jadi bisa menggunakan ISO 100 atau 200 untuk meminimalisir noise. Kalau gak mau ribet ya set kamera di auto mode.

 

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Birds, burung, fotografi, Nature, nature photography, Photography and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Memotret burung Sriti – bird photography

  1. natuurfreak says:

    What a fantastic bird.

    Liked by 1 person

Leave a comment