TB Silalahi Center at Balige, North Sumatera

Brothers & sisters…, kalau sedang berkunjung ke Balige, Sumatera Utara, jangan lupa berkunjung ke TB Silalahi Center. Tempat ini tidak hanya menjadi tempat wisata biasa, tetapi juga dapat menjadi penyemangat bagi pengunjung. Dari tempat ini kita bisa menyaksikan kesuksesan seorang anak desa yang kemudian menjadi salah satu orang penting di negeri Indonesia ini.

Apa yang dapat kita saksikan di tempat ini? Begitu memasuki halaman kita akan bertemu patung seorang anak desa yang sedang duduk di atas kerbau sambil membaca. Itu adalah merupakan patung TB Silalahi semasa kecil.

Kehidupan TB Silalahi kecil, konon kerbau ini adalah kerbau kesayangan milik keluarga Silalahi

Melihat foto di atas aku kok jadi ingat masa kecil yang juga mirip seperti itu, angon kambing dan sering naik kerbau milik teman. Cuma aku gak serajin TB Silalahi kecil baca buku.

Kita jalan terus, di depan sana ada gedung TB Silalahi center yang menyimpan banyak foto-foto dan patung-patung lilin bapak TB Silalahi dalam berkarier sebagai seorang anggota militer. Banyak atribut-atribut kemiliteran dan juga koleksi senjata-senjata dipajang di sana.

Menarik bagi saya, sebuah Vespa produksi tahun 50-an terlihat sangat mulus tersimpan di dalam gedung ini.

Sekarang mari kita berjalan lebih jauh lagi ke bangunan di belakang. Di sana kita akan menjumpai Huta Batak (kampung batak). Di sana terdapat rumah-rumah adat Batak berjejer rapi berhadap-hadapan. Begitulah kampung Batak jaman dahulu. Huta Batak ini diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY).

Mari kita masuk ke Huta Batak:

Dari Huta Batak ini kita bisa jalan lagi ke gedung sebelah nya. Tempat ini juga menyimpan barang-barang kuno. Sayangnya saya tidak banyak ambil foto di tempat ini.

Terdapat banyak patung-patung dari batu seperti ini di ruang terbuka yang bersih dan sejuk ini. Ini salah satunya.

Pemandangan di halaman belakang sangat indah, danau Toba terlihat di kejauhan

The legend, becak yang ditarik oleh motor besar BSA

Patung Sisingamangaraja the National Hero

Masih lebih banyak hal yang menarik yang dapat kita saksikan di tempat ini, tidak semua dapat saya sajikan. Mari bagi yang ingin berkunjung ke sini pasti akan senang. Salut untuk bapak TB Silalahi yang membangun tempat ini, suatu karya yang luar biasa hebat.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Daerah wisata, Indonesia travel destination, Museum, Pemandangan Alam, tempat wisata, Tourist destination, traveling, Tujuan Wisata and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to TB Silalahi Center at Balige, North Sumatera

  1. ndesoedisi says:

    Bp. TB Silalahi itu menteri jaman orba apa bukan om ?

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s