Mengunjungi desa leluhur di desa Horsik

Brothers & sisters…, sudah menjadi kebiasaan jika kami pulang kampung ke Parapat kami menyempatkan diri untuk mengunjungi kampung nenek moyang yang terletak di desa Horsik persis di tepi pantai danau Toba yang tidak jauh dari kota Parapat. Di desa ini juga para nenek moyang kami di makamkan, termasuk juga ibu kekasih kami.

Naik angkot ke desa ini merupakan pengalaman tersendiri

Biasanya kami ke desa ini menggunakan kapal / perahu motor, dari pelabuhan Tiga Raja langsung menyusuri pantai menuju desa Horsik. Tetapi sekarang sudah ada jalan darat menuju desa Horsik yang bisa dilalui mobil. Beberapa tahun yang lalu saya dan mertua pernah melewati jalan ini menggunakan sepeda motor, saat itu jalannya masih kecil.

Terpaksa turun dari mobil menjelang tujuan karena jalan yang rusak.

Kondisi jalan saat ini bisa dilalui mobil, tetapi kondisinya masih jelek. Kabarnya jalan ini akan dibangun untuk memberi jalur alternatif menyusuri tepi danau Toba dari sisi lain. Memang banyak spot pemandangan yang indah di sepanjang jalan ini.

Jembatan ini baru dibangun untuk memperlancar pengembangan / pembangunan jalan

Jika nanti jalan sudah selesai dibangun diharapkan pembangunan wilayah desa-desa sepanjang tepi pantai ini akan lebih giat.

Berfoto di depan rumah peninggalan Opung di desa Horsik.

Di atas desa ini, terdapat kebun yang membentang luas. Persis di lereng di atas rumah-rumah ini terdapat makam opung dan juga ibu kami. Maka kami mendaki lereng yang lumayan curam untuk melihat makam ibu kami.

Berdoa di makam ibu kami, bukan meminta sesuatu kepada yang sudah meninggal tetapi berdoa kepada Tuhan untuk kami yang masih hidup. Pada akhirnya kami yang masih hidup juga akan meninggal.

Mendaki tangga ke makam, di bawah sana terlihat atap rumah peninggalan opung.

Hari itu matahari bersinar sangat panas, tiupan angin sejuk dari danau Toba tidak mampu menghalau panasnya sinar mentari. Setelah bersih-bersih makam, kami segera turun dan berangkat kembali ke Parapat.

Lokasi desa Horsik ada di bagian kiri bawah peta ini.

 

 

 

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Daerah wisata, Danau, Lake, Lake Toba, objek wisata and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s