Short touring ke Kampoeng Bamboe

Brothers & sisters…., jam 4:30 pagi alarm di HP berbunyi membangunkan saya di hari libur kemerdekaan Republik Indonesia. Kok hari libur bangun pagi-pagi…? Bukan, bukan mau ikut upacara bendera di kelurahan apalagi di Istana, saya dan istri ingin mengisi hari libur dengan touring motor jarak dekat ke Kampoeng Bamboe.

Kami berencana berangkan jam 5:30 pagi, tapi karena memang nyantai akhirnya mundur hingga hampir jam 6 pagi baru start dari rumah. Cek tangki si Vera (Versys 250)masih berisi 3/4 lebih dari cukup untuk pergi dan pulang. Lagian banyak pom bensin sepanjang jalan jadi no worry laah. Semua barang bawaan, baju ganti, kamera pocket, tripod, dll masuk ke side box Badak Hitam si Vera. Side box dengan masing2 berkapasitas 27 liter ini masih terasa longgar. Dua set jas hujan saya ikat dibagian belakang si Vera, sampai saat ini belum punya top box dan memang belum perlu sih.

Jalur yang kami ambil adalah BSD – Ciseeng – Parung – Bogor – Cijeruk – Ciburayut, Kampoeng Bamboe. Jalan santai menikmati semilir angin dingin di pagi hari, semua jalanan lancar kecuali setelah melewati terowongan mendekati kota Bogor. Macet sampai ke lampu lalin perempatan Warung Jambu. Selain itu semua jalan lancar jaya. Sampai di kota Bogor sekitar jam 7:20, perut sudah terasa lapar. Banyak pilihan menu sarapan di kota Bogor, ada McDonald langganan meeting poin para bikers, bubur ayam, soto, dll. Saya memilih untuk menikmati soto daging bening Bang Ali asli Pejagalan.

20180817_074111

Sotonya terasa enak, gurih dan segar. Porsinya banyak, saya memesan porsi sedang dang istri memesan porsi kecil. Dulu saya waktu pertama kali ke sini sendirian pesan porsi besar, ternyata benar-benar besar dan kewalahan untuk ngabisinnya.

20180817_073205

Soto daging bang Ali ini benar-benar mantap, cocok untuk biker yang lagi touring perlu sumber energi banyak.

Selesai sarapan dan istirahat kami melanjutkan perjalanan arah Batu Tulis dan kemudian belok kiri, setelah turunan ambil arah ke kanan ke arah Cijeruk (yang ke kiri arah ke Rancamaya). Menyusuri jalan yang relatif kecil yang lumayan bagus dengan tanjakan dan turunan terasa nikmat karena sepanjang jalan ini relatif sepi. Jalan ini juga merupakan jalan alternatif dari Bogor ke Sukabumi.

Saking nikmatnya dan karena saya tidak punya GPS tanpa terasa tempat yang kami tuju sudah terlewati sekitar 7 km. Menyadari sudah terlewati saya menepi untuk cek lokasi di google maps. Dan akhirnya kami berbalik arah, kali ini dengan menggunakan google maps sebagai penuntun arah. Menjelang lokasi jalan utama ditutup karena ada acara tujuh belasan, kami diarahkan melewati jalan kecil nanti munculnya persis di depan Kampoeng Bamboe. Setelah sempat tanya ke penduduk setempat akhirnya kami tiba di Kampoeng Bamboe. Kami sudah reserve 1 bungalow jadi tinggal check in dan langsung bisa istirahat.

20180817_094521

Santai minum kopi di tempat yang sejuk alami berudara segar, sungguh terasa nikmat banget.

Bungalow yang kami pesan type 1 kamar, sebagian besar dinding terbuat dari anyaman bambu, meja, kursi semua dari bambu mengingatkan saya pada masa anak-anak dimana rumah orang tua dulu masih berdinding bambu (gedek)… kenangan masa kecil hehe..

Baca juga : Touring ke gunung Bunder

Di Kampoeng Bamboe ini tersedia restoran dan kita bisa pesan makanan untuk dinikmati di restoran situ atau diantar ke kamar. Tapi untuk makan siang ini kami memilih untuk pergi ke luar untuk kuliner lokal. Kami menemukan ada warung sate yang cukup besar terletak di pinggir jalan utama dan kami singgah di situ.

Warung Sate Gunung Salak, sesuai lokasinya yang memang tidak jauh dari gunung Salak. Menyediakan sate kambing, sop daging, dll.

Kami memesan 2 porsi sate kambing dan 1 mangkuk sop daging sapi. Rasanya lumayan, sate kambingnya maupun sopnya OK lah walau tidak top banget. Setelah makan siang kami kembali ke Kampoeng Bamboe tapi sebelumnya mampir dulu ke Indomaret untuk membeli cemilan dan minuman. Cemilan dan minuman di penginapan relatif mahal jadi mending beli di luar jauh lebih murah (tips jalan-jalan hemat).

Kampoeng Bamboe cocok untuk tempat liburan keluarga atau tempat ngumpul keluarga-keluarga. Banyak tempat bermain, team building, tempat camping dll. Banyak keluarga-keluarga menginap di sini dan mereka sangat menikmati, anak-anak terlihat begitu senang bebas bermain. Area nya sangat luas, banyak juga dipelihara binatang, rusa, burung, unggas, kelinci, monyet. Saya sempat berjalan keliling dan membuat foto-foto:

Menikmati sore hari di halanan dengan latar belakang gunung Salak

Bermain dengan rusa

Memandang hamparan ladang di sekitar penginapan

Ada camping ground juga. Hanya saja harus grup minumal 30 orang dengan biaya 200rb per orang, 1 tenda muat 5 orang.

Berfoto di bungalow yang kami tempati, nuansa alami. Sayangnya tanaman di depan dan samping bungalow masih kecil-kecil tdk terlihat di foto

Pemandangan indah sore hari di pucuk gunung Salak

Menikmati kesejukan pagi hari dengan latar belakang gunung Salak

Di pagi hari dengan latar belakang gunung Gede. Udara di malam dan pagi hari lumayan dingin di sini.

Manasin si Vera di pagi hari

Suhu udara di Kampoeng Bamboe di siang hari cukup sejuk, tetapi di malam hari lumayan dingin. Disarankan untuk membawa jaket atau sweater untuk jalan-jalan ke luar di waktu malam atau pagi hari.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in beautiful scenery, Daerah wisata, kawasaki adventure, motor adventure, motorcycle touring, Pemandangan Alam, tempat wisata and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Short touring ke Kampoeng Bamboe

1. wijoyo1985 says:

Asyikk ya bisa bulan madu lagi sama istri tercinta…saya belum bisa seperti om.hehe..anak masih kecil2 😅

2. natuurfreak says:

Superb photos ans information.Thanks.

Liked by 1 person

3. Indra says:

Haduh…. Kok dadi lengen ya?