Visiting International Buddhist Center – Taman Alam Lumbini

Brothers & sisters…, If you are visiting Brastagi, North Sumatera, it is recommended that you include the International Buddhist Center – Taman Alam Lumbini in your must visit place.

DSC01891a

Kuil Buddha Lumbini di Brastagi, Sumatera Utara

Taman alam Lumbini merupakan tempat umat umat Buddha untuk melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan. Di sini berdiri megah banguan besar khas kuil Buddha dengan cat dominan warna emas. Bangunan ini dikelilingi oleh taman yang sangat luas dengan pepohonan rindang. Di dalam taman alam ini terdapat jalan-jalan kecil yang berhubungan satu dengan lainnya. Terdapat juga bangunan-bangunan kecil di yang penempatannya sudah diatur sedemikian rupa. Tampaknya tempat ini juga menjadi tempat pelatihan bara biksu.

DSC01896a

Di halaman depan terdapat tempat parkir kendaraan pengunjung yang luas dengan pemandangan sekitar yang menawan

Taman alam Lumbini tidak jauh letaknya dari kota Brastagi. Setelah kami mengunjungi bukit Gundaling dan berfoto-foto di sana, kami langsung ke Taman Alam Lumbini ini. Hanya butuh waktu beberapa menit saja dari bukit Gundaling ke tempat ini. Saat kami berkunjung ternyata sedang ada perbaikan-perbaikan di kuil, sehingga kami tidak diperbolehkan masuk, ini demi keamanan dan kenyamanan kami juga tentunya. Karena itu kami hanya berada di luar dan lebih memilih explore tamannya yang hijau alami.

DSC01845a

Memasuki taman alam dari halaman kuil kami harus melalui jembatan pejalan kaki yang cukup panjang.

Bagi yang menyukai wisata alam tentunya tempat ini cocok untuk dikunjungi. Disini banyak terdapat patung atau relief buddha yang mengandung makna dan pengajaran kebaikan bagi umat. Semua orang boleh memasuki taman ini tentunya seperti tempat wisata pada umumnya ada tiket masuk yang harus dibayar.

DSC01854a

DSC01852a

Sekalipun matahari bersinar terik kami masih bisa menikmati taman ini dengan nyaman karena suhu udara di sini masih tergolong sejuk. Tapi bagi yang tidak tahan panas sinar matahari dianjurkan untuk membawa topi. Banyak juga pohon rindang untuk berteduh kalau tidak sempat bawa topi, jadi tetap aman.

DSC01856aDSC01865aDSC01868a

Keindahan taman alam ini tentunya cocok untuk yang hoby foto-foto, banyak spot-spot bagus untuk berfoto-ria. Hanya saja perlu kesiapan fisik juga jika ingin berjalan menyusuri taman ini. Selain luas, jalan-jalan yang ada sengaja dibuat turun-naik dan berliku dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Sepertinya selain tempat wisata, tempat ini juga digunakan untuk latihan fisik para biksu seperti di film-film kungfu.

DSC01872aDSC01876a

dsc01886a.jpg

Seperti di kuil-kuil Buddha pada umumnya, di sini juga banyak terdapat berbagai patung. Bagi umat Buddha patung-patung itu tentunya memeliki makna sendiri-sendiri. Tidak hanya patung manusia, tetapi juga terdapat patung-patung binatang seperti rusa, burung, dan lain-lain.

DSC01862a

Berikut adalah foto-foto dari luar kuil, sayangnya saya tidak bisa mengambil gambar dengan baik karena keterbatasan ruang gerak utk sudut pengambilan gambar yang oke.

DSC01889aDSC01881aDSC01880a

DSC01879abDSC01883ab

Setelah selesai berkunjung ke sini kita bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata pertanian buah jeruk untuk menikmati buah jeruk segar dengan langsung memetik sendiri dari pohonnya. Kemudian lanjut ke air terjun Sipiso-piso.

 

 

 

 

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Daerah wisata, Indonesia travel destination, North Sumatra Tourism, Pemandangan Alam, tempat wisata, Tourist destination, traveling, Tujuan Wisata and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Visiting International Buddhist Center – Taman Alam Lumbini

  1. Pingback: Wisata buah Brastagi – pengalaman petik jeruk yang mengasyikan | lexyleksono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s