KTM 390 Adventure bakal diluncurkan November 2019?

Waah…. sudah lama blog ini gak gosipin motor…! Mohon maklum pemilik warung blog ini juga lagi rada-rada sibuk sendiri jadinya warung blog lama gak dijenguk. Mari kita menggosip tentang motor adventure kelas kecil di barisan pasukan orange KTM. Soal motor adventure, KTM jelas sudah sangat terkenal dengan motor-motornya yang top dipakai dan disukai di seluruh bumi. Yang menyukai motor-motor adventure pasti sudah kenal, tahu atau setidaknya pernah mendengar kehebatan motor-motor adventure dari pabrikan Eropah ini.

Ganteng rupanya, gagah tampilannya, perkasa kemampuannya.

Naah…, menurut berita yang sudah beredar di jagat maya maupun jagat nyata bahwa ada motor KTM adventure kelas kecil yang akan lahir tidak lama lagi. Konon motor baru ini sudah ditunggu-tunggu oleh para pecinta motor adventure sejak lama. Lha saya sendiri sudah tanya-tanya ke yang punya warung KTM sejak dua tahun lalu, dan yang terakhir infonya “coming very soon” gitu katanya.

Senada dengan info-info yang beredar di seluruh bumi, konon motor KTM 390 Adventure ini akan segera meluncur setelah gelaran EICMA tahun ini. Sosoknya kemungkinan besar akan mejeng atau dipajang di EICMA nanti. Dari foto-foto yang berhasil didapat oleh para intel memang semua semakin jelas mengarah ke sana. Dari sumber yang dapat dipercaya juga mengarah pada suatu titik bahwa KTM 390 Adventure akan diluncurkan tahun 2019 ini.

Sebenarnya apa sih istimewanya motor ini kok sampai-sampai banyak yang menunggu kehadirannya? Semua masih berdasarkan data-data analisa dan kira-kira. Sosok yang sebenarnya seperti apa juga baru bisa diterka dari foto-foto spy yang didapat entah bagaimana caranya. Namun reka-raka terka tersebut bisa menjadi kenyataan juga atau setidaknya mendekati kenyataan.

Menurut para pengamat permotoran KTM 390 Adventure akan memakai mesin yang sama dengan saudaranya yang sudah beredar di seluruh dunia, yaitu KTM Duke 390. Kalau benar demikian adanya maka diperkirakan tenaga mesin nya ya kurang lebih sama sekitar 44 Hp dan torsinya mencapai 37 Nm. Sudah tentu dengan setingan yang berbeda disesuaikan dengan layaknya karakter sebuah motor adventure. Sebagai referensi kira-kira sama dengan mesin ninja 250 yang dipasangkan di Versys 250, mesin sama tetapi setingannya berbeda. Saya membayangkan dengan memandang Duke 390, sebuah motor yang powerful di kelas nya dan ringan bobotnya, demikian harapan saya untuk KTM Adventur 390. Dengan tenaga dan torsi seperti di atas tetapi bobot yang ringan atau di 155 – 160 kg gitu lah. Artinya jauh lebih ringan dari tunggangan saya si Vera (Versys 250).

Diperkirakan dan ini juga harapan saya, dia akan menggunakan roda 19″ depan dan 17″ belakang dengan velg jari-jari, syukur-syukur bannya tubeless. Bisa jadi dia akan memakai roda 21″ depan dan 18″ belakang.. well, why not, untuk yang offroad oriented tentunya akan lebih pas.

Memanglah saat ini di Indonesia sudah ada lebih dahulu Kawasaki Versys 250, BMW 310 GS, Royal Enfield 400 adventure, Honda CRF 250 yang harus dihadapi di pasar. Tetapi KTM 390 seperti juga saudara-saudaranya memiliki pengagum sendiri. Pemotor-pemotor hobby yang punya selera berbeda. Dengan mesin berkemampuan tinggi, bobot ringan, kehandalan yang mumpuni ditambah dengan harga yang semoga “murah”, maka layaklah kalau motor KTM 390 ini layak ditunggu kehadirannya.

KTM Duke 390, ganteng Euy..!

November..? Let’s keep our fingers cross.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Adventure bikes, KTM Duke, Motor, motor adventure, sport bike and tagged , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to KTM 390 Adventure bakal diluncurkan November 2019?

  1. sugimasihada says:

    Loooo, di Jatim KTM Dealer bubar (baca Tutup) 😅

    Like

    • wijoyo1985 says:

      Masak mas? KTM surabaya di jl. Arjuna apa ikut tutup?
      @om Lexy kalau ktm 390 adventure ini mesin sama dengan duke 390 seharusnya jauh lebih asyik daripada versys x250 . Torsi nya duke 390 ampun2 an, kalau tangan tidak “sekolah” udah wheelie-wheelie om sampai gigi 3..motor juga ringan lebih ringan dari megapro.

      Like

      • wijoyo1985 says:

        Semoga harga di bawah 120jt. Kalau mepet 150jt berat, mending ke versys 650 sekalian.
        Atau under 150jt paket lengkap touring (3 box, handguard, foglamp, spatbot depan/ paruh bebek) ya sangat menarik..

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s