Taman Nasional Baluran – Savana Bekol, the little Africa

Pemandangan savana dengan latar belakang gunung yang indah

Jalan masuk menuju ke savana sangat mulus sampai ke ujung.

Tempat favorit untuk para pengunjung berfoto-foto

Pantai Bama, tidak terlalu luas masih sangat alami, bagus untuk menikmati angin laut dan berfoto-foto

Jangan dicoba di rumah tanpa mengetahui kondisi fisik dan alamnya

Brothers & sisters…, saya sangat senang bisa mengunjungi salah satu tempat yang menjadi incaran sejak lama, yaitu Taman Nasional Balularan yang terletak di Bekol Situbondo. Lokasinya di perbatasan Banyuwangi – Situbondo, karena itu taman nasional ini menjadi salah satu ikon wisata Situbondo / Banyuwangi.Taman Nasional Baluran memiliki wilayah yang sangat luas, tetapi yang menjadi tempat wisata adalah di padang savana yang datar dan terbuka. Dari gerbang masuk kita menyusuri jalan nan mulus, jalan ini relatif sempit, untuk berpapasan 2 mobil pun sangat ngepas sampai-sampai roda sebelah kiri mobil harus turun ke luar area beraspal. Dulu nya jalanan ini kondisinya rusak banyak lubang, sekarang sudah sangat mulus mulai dari pintu masuk hingga ke pantai.Begitu kita melewati gerbang masuk kita langsung berada di kawasan hutan, di kanan kiri kita hanya ada pepohonan dan semak belukar. Sampai beberapa kilometer kondisinya seperti itu. Sampai pada akhirnya kita menemui padang savana yang sangat luas dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Sejauh mata memandang adalah dataran rata sampai pandangan mata kita terbentur pada gunung yang menjulang tinggi nun jauh di sana. Pemandangan yang menjadi kegemaran para pemburu foto landscape.Jalan di padang savana ini berakhir di sebuah pantai berpasir putih yang walaupun sempit tetapi cukup menarik. Di area pantai ini disediakan tempat-tempat untuk beristirahat dan bermain. Tempat makan-minum juga tersedia di beberapa warung di sini. Bagi yang suka berfoto tempat ini juga bisa menjadi tempat pengambilan foto yang ciamik dengan background laut dan tanaman mangrove yang menarik.Yang perlu diwaspadai di area pantai ini adalah kawanan monyet ekor panjang yang berkeliaran di sini. Mereka tidak segan-segan mencuri makanan yang kita bawa. Bahkan ada yang sampai mengintip ke dalam mobil kalau-kalau ada makanan yang bisa diambil di sana. Jadi waspada saja terhadap satwa yang satu ini. Mereka tidak menyerang, tetapi kalau kita bawa makanan dan lengah pasti dicurinya. Ini terjadi pada teman saya, ketika minum hydrococo dia letakkan di bangku, tiba-tiba dengan cepat si monyet melompat dan mengambil minuman itu. Dia tidak pergi jauh, dengan santai nya dia buka kemasan dan meminumnya tanpa rasa bersalah.

Seekor monyet ekor panjang menikmati minuman yang dicurinya

Keakraban 2 ekor monyet, mungkin mereka pasangan yang sedang jatuh cinta

Seekor monyet betina yang sedang hamil, perutnya terlihat membesar

Jika beruntung kita bisa bertemu dengan kawanan rusa liar. Mereka terlihat sudah terbiasa dengan pengunjung, tetapi tetap tidak bisa didekati. Berharap punya lensa tele untuk memotret mereka

Ini kelompok kawanan rusa yang lain, hanya bisa memotret mereka dari kejauhan

Di sini juga merupakan tempat favorit untuk berfoto. Tengkorang banteng dengan tanduknya.

Kembali ke padang savana, jika kita beruntung kita bisa bertemu dengan kawanan rusa, banteng dan satwa lainnya. Tetapi pada saat kami di sana matahari sedang terik-teriknya. Kami hanya menjumpai kawanan rusa yang sedang berteduh tidak jauh dari jalan yang kami lalui. Juga berjumpa dengan burung Merak dan ayam hutan yang kebetulan sedang menyeberang jalan. Tidak kelihatan seekorpun banteng, mungkin mereka sedang jauh di dalam hutan berteduh di rerimbunan dan tak terlihat oleh kami.Tempat ini memang layak menjadi tempat wisata alam yang harus ada di daftar tempat wisata untuk dikunjungi. Tempatnya mudah dijangkau dari arah Banyuwangi maupun dari arah Situbondo. Alam nya tidak ada duanya di Indonesia, pokoknya cakep deh (tentunya untuk yang suka pemandangan alam, kalau yang sukanya nge-mall ya gak cocok blas).Dengan alam yang menyajikan pemandangan savana yang luas, tidak berlebihan jika tempat ini dijuluki “Little Africa”.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in beautiful scenery, Daerah wisata, East Java Travel Destination, Indonesia travel destination, landscape photography, nature photography, Pantai, Pemandangan Alam, Photography, tempat wisata, Tourist destination, traveling, Tujuan Wisata and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Taman Nasional Baluran – Savana Bekol, the little Africa

  1. PotretBikers says:

    Wow…jalannya sudah bagus,om. Saya dulu kesana 2x masih hancur…šŸ˜–šŸ˜–

    Liked by 1 person

  2. dua tak says:

    ko apik dalanne saiki….
    africa van java

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s