Memotret galaksi Bima Sakti atau Milkyway

Brothers & sisters…., saya sering melihat foto-foto galaksi Bima Sakti atau Milkyway (bahasa Inggris nya), hasil jepretan para ahli astrofotografi. Foto-foto itu pada umumnya terlihat sangat keren. Sering juga baca-baca bagaimana bisa mendapatkan foto-foto bintang seperti itu. Bagi saya yang baru menyukai fotografi tentu pengin bisa mendapatkan foto-foto bintang, kalaupun tidak sebagus hasil jepretan para astrofotografer handal, setidaknya bisa mendapatkan dulu foto sang Bima Sakti.

Untuk mendapatkan foto galaksi Bima Sakti yang bagus tentunya pertama kita harus tahu di mana posisi sang galaksi di langit malam yang maha luas itu. Yang kedua tidak boleh ada polusi cahaya, cahaya bulan, cahaya lampu, harus dihindari. Artinya harus pada saat malam yang gelap dan di tempat yang tidak terkontaminasi cahaya lampu. Yang ketiga punya peralatan fotografinya tentunya, kamera yang bisa diatur shutter release, ISO dan apperture nya secara manual. Plus tripod yang akan kita pakai untuk menaruh kamera kita.

Sudah lama saya merindukan moment yang pas, tiap kali pulang kampung berharap dapat kesempatan ini. Tetapi tiap kali selalu ada kendala, pas terang bulan lah, langit mendung lah, dll. Tetapi minggu lalu saya mendapatkan kesempatan itu. Dari sofware yang saya download di android saya, saya tahu sang galaksi Bima Sakti akan terlihat mulai sore hari. Kemungkinan cuaca juga sangat mendukung, dari siang langit terlihat bersih dari awan.

Dari sore saya sudah persiapkan peralatan, dan saya minta bantuan adik saya untuk menemani. Karena saya akan motret dari persawahan yang gelap, bagusnya ada teman yang membantu dengan lampu senter saat kita mengatur setting kamera. Bisa saja sendiri, tetapi mungkin akan agak kerepotan. Saat mulai gelap ternyata langit yang tadi siang bersih saat itu dipenuhi awan putih. Duuh… kok ya tega banget itu awan. Tetapi kami tetap pergi dengan berjalan kaki, karena memang tidak jauh rumah kami dari persawahan. Setelah menunggu sejenak sang alam mulai berbaik hati, awan-wan itu mulai menyingkir dari gugusan bintang yang saya incar. Mulai lah saya setting kamera dan jeprat-jepret.

Untuk memotret bintang setting kamera yang saya pakai adalah lensa yang paling lebar, saya punya 17mm, ISO 1600, apperture yg paling rendah lensa saya f/2.8, dan sutter speed 25 detik. Saya berharap punya lensa yang lebih lebar, tetapi 17mm OK laah. Monggo dicoba dengan settingan tersebut. Jika lensa nya terbatas, misalnya hanya ada lensa kit, ya dicoba dulu dengan apperture paling rendah f/3.5 misalnya, ISO bisa dicoba di 1600, atau 3200, atau 800 test saja dulu mana yang hasilnya lebih baik. Sutter speed sepertinya 25 detik pas untuk saya. Sudah coba dengan 30 detik hasil nya bintangnya sudah bergerak seperti garis kecil.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in beautiful scenery, fotografi, landscape photography, nature photography, Pemandangan Alam, photo shooting, Photography and tagged , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Memotret galaksi Bima Sakti atau Milkyway

  1. ardiantoyugo says:

    pengen juga lensa wide…
    asik kalau malem malem nonton bimasakti Om…

    Like

  2. dua tak says:

    duuuhhh 😍😍😍😍
    ngene kie gawe hape sing larang iso po ra yo?? hehehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s