Danau Weikuri, danau air asin yang cantik

Ketika berkunjung ke pulau Sumba rasanya belum lengkap kalau belum singgah ke danau Weikuri. Danau Weikuri ini terletak sangat dekat dengan pantai Mandorak (bisa baca di sini). Hanya beberapa menit saja dengan mobil. Danau Weikuri termasuk danau yang berukuran kecil. Yang membuat menarik dari danau ini adalah airnya yang sangat jernih, saking jernihnya kita bisa melihat dasar dari danau ini.

Berfoto di salah satu tebing dengan latar belakang danau Weikuri

Dari pinggir danau yang berupa tebing tinggi kita bisa berfoto-fota dengan latar belakang danau. Kalau kita mau berenang juga dipersilahkan. Berenang di danau ini lebih mudah karena air nya mengandung banyak garam, tubuh kita lebih mudah mengapung. Kalau kita tidak ingin berbasah-basah, kita bisa menyewa rakit yang terbuat dari bambu untuk merasakan sensasi mengarungi danau dengan rakit. Danau ini sangat tenang, tidak ada ombak jadi sangat aman jika kita ingin mengayuh berkeliling danau atau sekedar berfoto-foto di tengah-tengah danau.

Bermain di danau dengan rakit bambu

Kita juga bisa menikmati keindahan danau di tempat teduh sambil minum air kelapa muda yang banyak dijual di sini. Apabila kita ingin berbelanja suvenir di sini juga ada penjual-penjual suvenir berupa kerajinan tangan dari penduduk lokal. Saya sempat menanyakan harga-harga suvenir yang dijajakan seorang bapak tua, sayangnya dia menawarkan dengan harga terlalu tinggi (menurut saya), membuat saya enggan untuk menawar dan membeli.

Kalau mau menyewa kain khas Sumba untuk berfoto-foto juga boleh, sehelainya cukup membayar Rp. 20 ribu bisa dipakai sepuasnya. Jangan lupa untuk mengembalikan setelah selesai dipakai.

Berfoto dari sisi danau Weikuri dengan latar belakang jembatan kayu di sisi dekat pantai

Ketika kami berkunjung di sini, terlihat sedang ada pengembangan fasilitas wisata di sini. Jalan-jalan setapak untuk para wisatawan sudah dibangun dengan baik berupa jalan beton cor. Ini membuat nyaman bagi pengunjung. Sayang nya sebagian jembatan kayu di bagian dekat pantai masih rusak dan belum diperbaiki. Jembatan kayu ini sebenarnya bagus untuk tempat berfoto-foto, tetapi ombak besar pernah datang dan menghancurkan sebagian dari jembatan ini. Semoga pihak pengelola segera memperbaiki jembatan kayu ini yang dapat membuat wisatawan semakin senang untuk menikmati kecantikan danau Weikuri. (lx)

 

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Daerah wisata, Danau, fotografi, Lake, objek wisata, Pemandangan Alam, tempat wisata, Tourist destination, traveling, Tujuan Wisata, wisata alam and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s