Rambu Chiko tenun, pusat tenun Sumba yang terkenal

Selain budayanya masih terpelihara dengan baik dan alamnya yang terkenal indah pulau Sumba juga sangat terkenal dengan kain tenun nya. Kain tenun Sumba memiliki ciri khas tersendiri, dengan memasukkan unsur khas alam pulau Sumba, misalnya dengan motif kuda yang memang merupakan ciri khas pulau Sumba. Kain tenun Sumba terkenal bagus mutunya. Berbeda dengan kain-kain biasa, kain tenun Sumba semakin berumur akan semakin bagus dan semakin mahal pula harganya.

Pembuatan kain tenun Sumba tidaklah mudah, melalui proses yang sangat panjang dan butuh waktu yang lama. Mulai dari membuat benangnya, mewarnai dengan sesuai dengan motif tertentu yang telah ditentukan sebelumnya, merendamnya dalam air, menjemurnya, memintalnya menyusun benang satu per satu sehingga terbentuk selembar kain, semua perlu butuh waktu yang lama.

Ketelitian dan ketrampilan para produsen sungguh-sungguh berperan di dalam membuat selembar kain tenun Sumba. Karena itu jangan heran jika selembar kain Sumba bisa berharga puluhan juta rupiah.

Walau demikian bukan berarti semua kain Sumba semahal itu, tergantung dengan prosesnya dan bahan yang dipakai yang akhirnya menentukan jenis, mutu dan harga nya. Jika menggunakan bahan-bahan alami 100% biasanya itu yang mahal. Jika memakai bahan pewarna campuran alami dan kimia, harganya akan lebih murah karena proses pembuatannya lebih cepat dan mutunya juga dibawah kain yang menggunakan bahan alami murni.

Salah satu pusat kain tenun yang kami kunjungi di Sumba Timur adalah Rambu Chiko tenun. Tempat ini memproduksi berbagai macam kain tenun Sumba, dengan berbagai motif dan jenis, mulai dari yang murah hingga yang sangat mahal ada di sini. Tempatnya sangat nyaman untuk dikunjungi, pegawai nya yang juga keluarga pemiliknya sangat ramah dan dengan senang hati menerangkan proses pembuatan kain tenun. Jenis-jenis kain di sini sudah dikelompokkan, jenis yang murah dan jenis yang mahal dipisahkan sehingga mempermudah pengunjung untuk memilihnya.

Kita juga diperbolehkan untuk mencoba kain tenun di sini, kita akan ditunjukkan cara pakainya yang benar. Jika kita berbelanja banyak biasanya kita diperbolehkan untuk mencoba memakai kain motif para raja. Kain jenis ini dahulu hanya boleh dipakai oleh para raja. Tetapi sekarang tentunya sudah berubah, siapapun boleh memakai nya asal mampu membelinya. Bahannya dari material pilihan motif nya juga khusus, pada umunya kain tenun ini berharga sangat mahal untuk ukuran orang kebanyakan.

Informasi dari tour guide kami, kain tenun Sumba banyak dijual di mana-mana, tetapi jika ingin membeli yang bagus dan tidak salah membeli sebaiknya pergi ke pusat pembuatan dan penjualan seperti  Rambu Chiko ini. Kami membeli beberapa lembar kain tenun walau bukan dari jenis yang sangat mahal tetapi motifnya saya suka dari pertama melihatnya, cocok lah untuk kenang-kenangan dari pulau Sumba.

 

 

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Daerah wisata, Indonesia travel destination, tempat wisata, traveling, Tujuan Wisata and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Rambu Chiko tenun, pusat tenun Sumba yang terkenal

  1. Aris says:

    Mudah2an ada kesempatan maen kesana Om.
    Ajibs banget kayaknya😁

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s