Iseng Test Versys 250 Gigi 4 Sampe 111 KPJ

Brothers & sisters…, weekend atau Sabtu yang lalu saya, seperti biasa, pergi manasin motor. Hari itu giliran si Vera (Versys 250) yang wajib dipanasin mesinnya. Lha pas muter-muter si sekitaran Bintaro, Alam Sutera, Gading Serpong dan BSD saya kok teringat belum pernah test ini motor setelah dilepas limiternya kayak apa kecepatannya. Dulu pernah sih hanya di dalam komplex dan hanya sampai gigi 2 saja. Lha sekarang mumpung di luar komplex dan jalanan relatif sepi, tak coba ngegass.. Langsung saya test di gigi 4. Lho kok langsung gigi 4, kan gigi 3 belum..? Bukan apa2, namanya juga iseng, dan saat itu sedang pakai gigi 4. Yo wis tinggal plintir gas aja to.. Ternyata di RPM 11000 alias sebelum garis-garis merah (red line), speedo meter menunjukkan angka 111 KPJ. Wuiih kenceng juga ini motor, turunin gas terus tak coba lagi plintir gas… sama di 11000 RPM speedo nya bilang 111 KPJ. Wis cuma sebentar saja dan saya gak mau ngelewati 11000 RPM.

Tak pikir-pikir kok kuenceng ya sekarang, opo karena limiternya diilangin? Dulu, sudah agak lama, sebelum limiter dilepas, pernah juga di kawasan jalan lurus Cipanas ke sonoan lagi, gigi 6 cuma sampai 115 KPJ. Tapi lupa saya sudah sampe red line apa belum saat itu. Yang pasti saat itu sedang bawa box komplit, namanya jugalagi touring, dan angin juga super kencang. Motorku sampe mau terbang rasanya, jadi langsung turunin kecepatan. Yang saya lakukan saat ini adalah tidak sedang bawa box sama sekali, jadi tahanan terhadap angin juga berkurang. Mungkin itu juga ngaruh ya, terutama untuk handling motor lebih mulus gak pakai goyang2 diterpa angin karena bawa gendongan kanan & kiri.

Lho kok gak diterusin di gigi 5 dan 6? Menurutku gak perlu, wong ini motor untuk touring kok, bukan untuk balapan. Bisa melaju 100 KPJ dengan nyaman itu sudah sangat cukup, toh kenyataan nya saya riding juga gak kenceng-kenceng amat. Di saat cruising, saya lebih menikmati kecepatan 70 – 90 KPJ, rasanya pas dan nyaman, ora alon tapi yo ora banter-banter nemen.

Wis, pokoke ojo banter-banter ya bro & sis, yang penting riding dengan aman & nyaman, sampe tujuan dengan selamat. Ora usah balapan di jalan, gak penting blass pokok e, iso-iso malah ciloko. Santai wae nikmati perjalanan. Siip to..

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Adventure bikes, kawasaki adventure, Motor Touring, Motorcycle test, motorcycle touring, Review performance, versys 250 and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Iseng Test Versys 250 Gigi 4 Sampe 111 KPJ

  1. Boga Anasto says:

    Huawahahaha…ya itu lumayan sekali Pak. Saya pernah coba di Thamrin sampai bundaran blom M itu tengah malam ya hanya tega sampai 100 kph, ya memang baru di rpm 8000, gigi 6. Benar, kita rasanya sama, alon2 kalau touring, tapi lebih siput saya rasanya, 60-70 kph. Mungkin kalau touring keluar kota, ngakali Covid ini ya tetap physical distancing, share pngelaman saya, ya saya juga masih takut nginep di penginapan lantaran ndak bisa juga memastikan proses desinfektan mereka, jadi ya bawa tenda, air panas, mie2 gitu lah, kompor portable, yowis menyendiri saja, hehehe….
    Motor bapak digantikah sprocket depan dari 14 ke 15 kok bisa ganas begitu? Hehehehe….
    Kalau ada IG Pak?

    Liked by 1 person

  2. Rain says:

    Mantab bang, ane pemakai Z250.. Swing2. Knalpot ori dh cukup. Ingat kalo pake knalpot brong tiap hari bikin dosa kalo tetangga keganggu

    Liked by 1 person

  3. Pingback: Memperbesar kapasitas mesin untuk meningkatkan performa Kawasaki Versys 250 | lexyleksono

Leave a comment