Memperbesar kapasitas mesin untuk meningkatkan performa Kawasaki Versys 250

Brothers & sisters…., mengutak-atik motor-motor miliknya merupakan salah satu hal yang wajar dilakukan oleh para penghobby motor. Entah itu sekedar menambahkan aksesoris yang fungsional terhadap motornya, merubah tampilan motor atau mengganti bagian dari motornya agar lebih OK. Saya termasuk yang suka menambahkan aksesoris di motor-motor saya, aksesoris yang saya tambahkan biasanya tidak hanya untuk meng-upgrade tampilan tetapi juga menambah fungsi agar motor lebih enak dipakai. Kali ini saya agak lebih ke dalam lagi, yaitu mengotak-atik mesin, tepatnya meng-upgrade mesin, yang belum pernah saya lakukan. Yang menjadi sasaran adalah si Vera (Versys 250).

Kenapa saya mengutak-atik mesin si Vera? Yup, dia sudah pernah menjalani ubahan settingan ECU nya (bisa dibaca di sini). Dengan merubah setting ECU nya si Vera sudah sangat enak dipakai, tidak tersendat lagi di awal-awal jalan, menjadi lebih smooth enak dipakainya. Larinya nya pun lebih kenceng dari sebelum ECU nya di-remap (monggo di baca di sini). Saya sebenarnya sudah sangat senang dengan performa si Vera setelah remap ECU nya, dipakainya sangat enak tenaga ngisi sejak putaran bawah hingga putaran tinggi. Tidak tersedak lagi di gigi 1 & 2 tetapi bisa lebih mulus terus dengan cepat. Tetapi ada tantangan baru dari bro O’ong pemilik bengkel Surya Sakti Kencana atau SSK motor sport. Beliau menawarkan untuk meng-upgrade kapasitas mesin si Vera dari 250cc menjadi 300cc dengan mengganti beberapa part mesin si Vera dengan part asli Kawasaki Versys 300. Tidak ada ubahan macem-macem, istilahnya tinggal plug & play.

Seperti kita ketahui bahwa Versys “kecil” ini ada 2 macam, yang beredar di Indonesia bermesin 250cc sedang yang beredar di Amerika (misalnya) bermesin 300cc. Kalau tidak salah di Indonesia awalnya juga sempat ada yang 300cc, tetapi kemudian berubah ke 250cc, termasuk si Vera yang saya beli.

Nah, terus apa manfaat ubahan mesin ini sehingga saya bersedia si Vera dibongkar mesinnya dan diganti beberapa parts nya? Yang pasti dengan kapasitas mesin lebih besar sedikit dan tentunya tenaga dan torsinya juga akan meningkat. Saat ini saya belum tahu tenaga dan torsi si Vera nantinya akan menjadi berapa, karena memang sedang dalam proses. Tetapi dari data motor-motor Versys 250cc yang telah dioperasi oleh bengkel Surya Sakti Motor, power on wheel tertinggi bisa sampai 39,5 HP pada putaran mesin 10829 rpm, dan torsi tertinggi di 26.54 Nm di kitiran mesin rendah 4984 rpm. Ini sangat bagus karena tenaga lumayan besar (on wheel lho ya) dan bisa dapat torsi gede di putaran mesin rendah. Artinya motor bakalan enak untuk mblasak di tanjakan atau jalanan kurang mulus tanpa harus bejeg gas diputaran tinggi seperti versi standard nya.

Bagaimana hasilnya dengan si Vera? Ya kita tunggu saja ya beberapa hari lagi setelah selesai baru nanti bisa saya test ride. Mohon ditunggu artikel berikutnya..

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Kawasaki, kawasaki adventure, motor adventure, versys 250 and tagged , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Memperbesar kapasitas mesin untuk meningkatkan performa Kawasaki Versys 250

  1. Bejoselamet says:

    Nanti kl udah beres walaupun bawa box berat tetep santai ini kayaknya om 😄

    Like

    • lexyleksono says:

      Semoga begitu om, jd kalau utk touring lbh nyantai. Tapi sekarang jg sdh beda rasanya. Torsi bawahnya besar jd terasa ringan waktu start awal. Dulu kan berat banget saat awal jalan.

      Like

  2. awansan says:

    wah buat cruising nanti enak banget ini om, rpm rendah torsi gede sudah keluar hehe

    Like

  3. Pingback: Test top speed Kawasaki Versys 250 setelah upgrade mesin menjadi 300cc | lexyleksono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s