Triumph Bonneville Speedmaster 1200 cc looks so beautiful

Brothers & sisters… bagi penggemar motor model klasik tentunya sudah tidak asing lagi dengan motor-motor Triumph Bonneville series dengan berbagai ukuran mesin dengan model yang sangat khas. Tetapi ada Triumph Bonneville yang medelnya sedikit berbeda, cruiser banget dan sangat cakep. Itulah Triumph Bonneville Speedmaster 1200 cc. Saya tertarik menulis tentang motor ini karena ada salah seorang sahabat dari kecil ku yang meminang motor ini.

Motor ganteng ini menggunakan mesin parallel twin dengan pendingin cairan (liquid cooled), menggunakan dua buah knalpot yang masing-masing menjulur dari mesin ke sisi kiri dan sisi kanan motor. Cocok banget motor model ini menggunakan 2 knalpot yang tampak memeluk mesin besar 1200 cc. Foot peg agak ke depan sehingga pengendara bisa duduk tegak sambil menaruh kaki nya agak ke depan. Riding position khas motor cruiser yang nyaman.

Jok depan dan belakang tampak terpisah, jok pengendara tampak tebal dan nyaman dengan posisi berkendara tegak. Jok belakang untuk yang dibonceng juga terlihat tebal memberi kenyamanan bagi yang duduk di jok belakang. Pastinya motor ini akan memberi kenyamanan saat cruising baik bagi pengendara maupun yang dibonceng. Lebih nyaman lagi seandainya dipasang sandaran kecil.

Lampu depan menyematkan bentuk klasik modern berbentuk bulat, lampu sein juga dengan bentuk khas menambah kegantengan motor kelas atas di barisan motor Triumph Bonneville.

Masin 1200 cc memiliki ciri khas motor-motor Bonneville tentunya dengan sentuhan tersendiri untuk setiap modelnya. Mesin besar ini menurut informasi mampu menghasilkan tenaga puncak 76,9 HP pada 6100 RPM dengan torsi yang yahud 78 LbFt pada 4000 RPM. Pastinya motor ini enak untuk menjelajah jalanan dengan tenaga dan torsi yang dimiliki. Si Bonnie Speedmaster ini dilengkapi dengan 6 percepatan, jelas mantap kalau mau putar gas dan pengin melaju kencang. Ban belakang menggunakan 150/80 R16 (saya kurang jelas untuk ban depan), cocok bin mantap untuk motor jenis ini. Menggunakan velg jari-jari menambah keindahan sang Speedmaster.

Untuk keselamatan berkendara motor dengan berat kosong sekitar 263 kg ini dilengkapi dengan dua rem cakram (disk break) di roda depan dengan ukuran 310mm, 2 piston dan satu rem cakram belakang dengan ukuran 255mm single piston. Cocok lah untuk mengontrol laju motor besar yang memiliki kapasitas tangki bensin 12 liter ini. Kok kecil ya kapasitas tangki bensinnya, dibanding dengan Vulcan 650 atau Versys 250 yang kapasitas mesin kauh lebih kecil tetapi kapasitas tangki bensin besar.

Bagaimana dengan harganya? Ini yang bikin gak enak, motor buatan Inggris ini jelas tidak murah apalagi pajak kendaraan bermotor yang termasuk barang mewah ini sangat tinggi. Saya tidak tahu pasti harganya yang pasti kalau ingin meminang motor ini mesti punya uang di atas 500jt Rupiah. Muahal…, yup, sesuai dengan yang didapatkan untuk wilayah Indonesia.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Classic bike, Classic motorcycles, cruiser bike, Motor cruiser and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Triumph Bonneville Speedmaster 1200 cc looks so beautiful

  1. awansan says:

    classic namun padat berotot, btw melihat desain gearboxnya serasa melihat gearbox motor inggris dekade 50-60an hehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s