Belajar menanam sayur sistem hidroponik

Brothers & sisters.., beberapa waktu yang lalu saya membaca tentang menanam sayur seperti Sawi, Kailan, Pokcoy (Pakcoy), Sawi Pagoda, Kangkung, dll. Melihat cara mereka menanam kok relatif simpel / mudah dan lumayan menghasilkan. Setidaknya menghasilkan kepuasan apabila sayuran yang ditanam dapat bertumbuh dengan baik. Karena saya juga menyukai dunia tanam-menanam, maka saya mulai mencoba untuk menanam sendiri sayuran dengan sistem hidroponik ini.

Saya keudian memesan kotak hidroponik sekalian netpot dan kain planel nya. Saya juga memesan bibit tanaman berupa biji-bijian dan pupuk AB mixed melalui media online. Dalam 2 hari pesanan saya berdatangan. Ternyata didalam pesanan saya 2 set hidroponik, ketika datang sudah dilengkapi dengan biji Kangkung, Selada dan Pokcoy masing-masing 2 bungkus kecil, kemudian pupuk A dan B cair masing-masing 2 botol kecil, juga sudah termasuk Rockwool sebagai media tanam untuk penyemaian.

Siip lah, saya mencoba menyemai bibit-bibit tersebut menggunakan rockwool sebagai media tanam. Dalam 2 – 3 hari biji-biji tersebut sudah berkecambah dan mulai saya pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari. Benih yang paling cepat bertumbuh adalah benih Kangkung, cepat sekali besar, lebih cepat dari pada yang lain-lainnya. Tetapi kangkung yang saya tanam terlalu sedikit untuk tiap kotak media tanam. Saya hanya taruh satu atau 2 biji, belakangan saya tahu untuk Kangkung bisa dibuat lebih banyak.

Tanaman Sawi dan Pokcoy yang mesinya satu kotak media diisi satu, saya malah isi dua bahkan tiga. Maklum, bijinya kecil-kecil takut gak numbuh. Ya gak apa-apa, nanti diseleksi lagi, yang kurang bagus dibuang.

Kalau percobaan pertama ini gagal (mudah-mudahan berhasil), mesti coba lagi dan kalau berhasil bisa menanam lebih banyak dengan berbagai jenis sayuran. Untuk hidroponik ini tidak perlu tempat ynag luas, yang penting dapat sinar matahari yang cukup.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Healthy food, Hidroponik, Menanam sayur, Tanam sayur and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s