Kuliner Gudeg kayu jln. Adisucipto Yogyakarta

Brothers & sisters…., kalau pergi ke Yogyakarta gak nyinyipi gudeg rasanya kurang pas. Gudeg merupakan masakan khas Yogyakarta, walaupun kita bisa temui gudeg di banyak tempat khususnya di pulau Jawa. Tapi gudug Yogya memang beda dengan gudeg-gudeg di tempat lain. Gudeg Yogya rasanya cenderung manis sedang di tempat lain mungkin gak terasa manisnya.

Ada gudeg yang sangat terkenal di Yogya, bahkan sering dijadikan oleh-oleh. Yang saya mau ceritakan di sini bukan gudeg yang itu, tetapi gudeg yang dijual di pinggiran jalan / trotoar saat malam tiba. Orang2 mengenalnya dengan gudeg kayu. Lho kok gudeg kayu…. Iya, konon ceritanya dulu jualannya didepan toko kayu sehingga orang2 menyebutnya dg gudeg kayu.

image

Saya mencoba pertama kali saat kunjungan ke Yogya beberapa bulan yang lalu. Saya tahunya dari pegawai hotel, waktu saya tanya di mana gudeg yang enak yg dekat sini, waktu itu saya nginep di hotel Saphir di jl. Adisucipto. Pegawai hotel menyarakan untuk pergi ke gudeg kayu yang terletak sekitar 100 meter dari hotel. Malam itu saya pergi sekitar jam 9 malam dg berjalan kaki, ternyata gak kebagian alias sudah habis. Malam berikutnya saya pergi agak sore dan masih banyak stok walau pengunjung cukup rame. Saya beli menu gudeg komplit, joss banget, rasanya enak porsinya banyak. Gak sanggup saya ngabisin semua haha..

image

Dua malam yang lalu saya ada ci Yogyakarta lagi, kali ini bersama istri. Saya ajak istri untuk pergi makan nyobain gudeg ini. Waaah….enaaak, mesti ke sini lagi niiy kapan2. Mantaaap..!!

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog, I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). I really do hope every reader will enjoy this blog. Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Kuliner, Makanan Khas, Travelling, Tujuan Wisata and tagged , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Kuliner Gudeg kayu jln. Adisucipto Yogyakarta

  1. mottobiker says:

    Wah saya baru kmaren abis dr jogja..pengen mkn gudeg jg udh lama ..

    Like

  2. mbah uip says:

    Aku kapan ya kuliner menjajal gudegnya Yogyakarta ?

    Like

  3. damar says:

    wah deket sama kos ane ini haha

    Like

Leave a comment