Solo long distance riding with my Vulcan S – si Kanijo

Brothers & sisters…., ini sungguh suatu pengalaman yang menyenangkan bagi saya. Untuk pertama kali nya touring jarak jauh sendirian. Lebih menyenangkan lagi karena saya menggunakan motor baru yaitu si Kanijo yang waktu itu baru berjalan 84 km.

si Kanijo, teman seperjalanan

si Kanijo, teman seperjalanan

Kota tujuan touring ini adalah Yogyakarta. Ikut meramaikan IBW atau JBR kah…? Tidak bro/sis, saya ke Jogja untuk kemudian riding bersama seorang teman kantor menelusuri wilayah DIY. Persiapan matang saya lakukan malam sebelum berangkat, tanggal 14 Agustus subuh saya meluncur dari rumah, jadi semua perlengkapan riding sudah harus siap sebelumnya.

Jam 3 pagi saya dibangunkan oleh alarm HP saya. Langsung siap-siap, membersihkan diri, minum segelas kopi, berpakaian komplit, tidak lupa kamera, HP, charger, tongsis… semua sudah siap langsung manasin motor. Setelah pamit dengan istri tercinta, saya meluncur meninggalkan rumah sekitar jam 3:45 pagi. Langsung menuju arah Kalimalang-Bekasi-Tambun-Cibitung- dan seterusnya…ke arah pantura.

Perjalanan pagi itu lancar banget walaupun sudah banyak juga kendaraan di jalan. Saya berjalan santai saja hingga sampai di Karawang, di sana saya mulai bertemu beberapa pengendara moge yang lumayan kenceng geber motornya. Si Kanijo masih tak sayang-sayang, jalan santai saja, paling kenceng 90 kpj aja. Kalau lancar Serpong – Cikampek ternyata cepet juga ya… sekitar jam 6:30 saya sudah tiba di Cikampek, pas berbarengan dengan rombongan HD yg di kawal 2 motor polisi. Saya sempat berada di urutan ke 3 setelah motor patwal, tapi kok jalannya lambat banget (sekitar 70 kpj). Karena saya bukan anggota rombongan, akhirnya saya maju ke depan, memberi salam ke pak polisi dan langsung ngibrit duluan. Lambat laun raungan sirine dan dentuman puluhan knalpot HD semakin tak terdengar, saya sudah jauh meninggalkan mereka. Kecepatan si Kanijo di sekitar 80 – 95 kpj aja.

Sampai daerah Pamanukan saya pelan-pelan nyari tempat sarapan, restoran tepi laut yg biasanya saya mampir ternyata tutup, demikian juga beberapa restoran di dekat nya. Kalau ada yang buka, di sana sudah rame moge-moge terparkir. Malas saya berhenti, pasti pake ngantri segala kalau rame-rame begitu. Lanjut…sampai di Lohbener, liat pompa bensin saya langsung masuk dan parkir di depan warung2 di situ. Saya langsung pesan secangkir kopi, sebotol aqua, dan semangkuk indomie rebus pake telur hehe…

Perhentian pertama setelah sekitar 3 jam nonstop

Perhentian pertama setelah sekitar 3 jam nonstop

Saya berpesan pada diri sendiri, perhentian berikut tidak boleh lebih dari 2,5 jam riding. Setelah lewat 2 jam harus mulai nyari tempat istirahat. Selesai sarapan dan ke toilet, ganti si Kanijo saya kasih minum sampai penuh. Di sini masih jarang yang isi bensin, rupanya mbak2 dan mas penjaga bensin pengin foto narsis dengan si Kanijo. Malu-malu mereka minta ijin ke saya, Yuuuk…silahkan… saya dorong si Kanijo ke tempat yg lapang dan mereka senang banget foto2. Setelah beres saya langsung melanjutkan perjalanan sambil senyum-senyum melihat tingkah mereka tadi.

Setelah Lohbener saya belok ke kanan, jalanan lebar sepi dan mulus juga lurus..di sini si Kanijo saya panteng di atas 90 kpj. Ada sebuah motor lain di belakang saya, terus dia buntuti. Saya sempat pelan untuk melihat motor apa, oh teryata V-ixion. Ketika di kecepatan sekitar 90 kpj dia masih nempel, tapi di atas 100 kpj dia gak mau nempel malah tambah jauh. Saya bersama dia ini sampai di kota Cirebon. Pas melewati kota Cirebon sudah mengarah ke pantura / Brebes ada razia motor.., saya sudah pelan-pelan siap2 kalau diberhentiin, ternyata disuruh lanjut terus..motor2 lain (kecil) di stop. Ya udah lanjuut…

Sampe di Brebes, ditandai dengan banyak nya warung2 yang jualan telor asin dan bawang merah. Saya mendengar di belakang raungan sirine…, dah waktunya istirahat lagi, biarin mereka duluan lewat. Si Kanijo saya arahkan di warung pinggir jalan.., saya berhenti untuk minum dan istirahat sebentar.

Perhentian ke dua...sekedar minum dan duduk2.

Perhentian ke dua…sekedar minum dan duduk2.

Hanya sekitar 15 menit saya di sini kemudian lanjut lagi. Sempat kena macet di Brebes arah Tegal karena ada pengecoran jalan. Lanjut Tegal dan kemudian Pekalongan..Terus lanjut Pemalang. Jalanan enak semua dan gak macet, jam 11:30 saya sudah di rumah makan Pring Jajar di Pemalang. Ini salah satu tempat favorit saya utk makan siang kalau lagi liburan dengan mobil bersama keluarga.

Pring Jajar - Pemalang tempat istirahat makan siang

Pring Jajar – Pemalang tempat istirahat makan siang

Saya mau istirahat agak lama di sini, makan siang dan santai2 dulu laah..

Puas istirahat, saya melanjutkan perjalanan. Tiba di Batang gak masalah lancar jaya.. tetapi di alas roban ternyata ada pengecoran jalan..waaah macet panjang truk-truk dan mobil2 berjejer memanjang. Terpaksa motor melewati bahu jalan tak ber-aspal, lha daripada ngantri kepanasan… Lolos dari alas roban masuk arah Kendal bisa kenceng lagi. Tapi di wilayah Kendal juga ada proyek pengecoran jalan….ngantri lagi melipir bahu jalan lagi…

Jam 2 siang udah masuk Kendal…lumayan cepat juga, Semarang tinggal selangkah lagi. Tapi saya pilih berhenti sekali lagi di pompa bensin sekalian memberi minum si Kanijo, walaupun bensin masih banyak siih.

Berhenti di daerah Kendal

Berhenti di daerah Kendal

Setelah menghabiskan satu botol Pocari Sweat dan 1 kaleng nescafe dan berlama-lama nongkrong, saya lanjut lagi masuk kota Semarang. Langsung mengarah ke hotel langganan saya. Hotel Merbabu di jalan Pemuda, sebuah hotel transit yang murah Rp. 300 rb per malam, bersih dan nyaman. Masalahnya, saya selalu saja nyasar kalau menuju tempat ini. Salah masuk jalan di simpang, akhirnya muter2 lagi. Dua kali saya tanya orang, akhirnya sampai juga ke hotel Merbabu. Jam menunjukkan pukul 3 sore.

20150814_173651a

Si Kanijo parkir manis di salah satu sudut, tadinya sendirian parkir…menjelang sore ada beberapa moge yg menemani. Tunggu lanjutannya ya…

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in motorcycle touring, traveling, Vulcan S and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

36 Responses to Solo long distance riding with my Vulcan S – si Kanijo

  1. kusnanto says:

    mantab Om, nice story, serasa ngebonceng Kanijo,wah namanya ituloh bikin geregetan kanijo=vulcan hijau kali ya …hhehe…lanjut Om, btw diparkir jejer ma HD serasa kompag yah..

    Like

  2. ditna says:

    kayanya ga pegel si akang klo touring jrk jauh mke kanijo??

    Like

  3. abadi83 says:

    Wih ditunggu lanjutannya om, seru juga jalan sendiri secara saya jg seneng jln sendiri tanpa ada ikatan club

    Like

  4. adityaprad says:

    Serasa ikut di perjalanan om
    Keren ulasannya

    Like

  5. Dindin says:

    Bacanya menyenangkan dan serasa ikutan touring..
    Saya ngefans ama blog bapak..
    Ditunggu cerita selanjutnya pak..

    Like

  6. Leopold S says:

    mesin kawasaki 650cc twin silinder memang tangguh..
    keren mas catatan perjalanannya

    Like

  7. andaru says:

    kok kayanya enak ya tour pakai Vulcan.
    saya jadi kangen jalur pantura tapi kl banyak di cor jalan malas juga ya
    saya tunggu artikel lanjutannya om

    http://www.andarupratomo.blogspot.in

    Like

  8. haryudh4 says:

    Hari-hari sekarang lagi enak-enaknya buat naik motor, cuaca cerah jarang sekali ada hujan…

    Like

  9. SANSINNO.COM says:

    cakep motornya ..gag kalah ma harley….

    Like

  10. satria says:

    nice review om,, serasa ikut mbonceng si kanijo
    ngomong2 jarak pijak dari jok ke tanah tinggi gak sih om?
    jadi kepengin nih,,,

    Like

  11. Har_leys says:

    kalo boncengan enak juga kali ya… mantab om turingnya

    Like

  12. puguh05 says:

    sama ninjo untuk jalan jauh enak mana om?

    Like

      • Roger says:

        Aku pernah baca blog bro lexy tentang cerita modif spion si ninjo. Mau tanya bro, itu spion beli nya dimana & brp harganya yah..? Mau modif ninja 650 gak gampang yah bro. Gak usah modif yg rumit2.., mau modif jalu stang ninja 650 aja susah nya minta ampun, krn ukuran baut jalu stang ninja 650 beda sama moge lain. Lebiih puanjaang..
        Frame slider ninja 650, jg cuma ada merk Bikers aja. Merk2 n model2 yg lain blum ada barang. Hadeehh…

        Like

      • lexyleksono says:

        Udah nyoba nyari di Jiester atau One3..?? Biasa nya di situ ada. Terakhir saya pasang jalu stang, frame slider, engine cover di One3. Spion mestinya cukup banyak tersedia.

        Like

      • lexyleksono says:

        Spion tergantung merk nya bro, 600 – 800 udh bagus kok.

        Like

  13. Roger says:

    One3 aku sdh coba mas.
    Nanti aku coba ke jiester.
    Liat gambar spion ninjo nya mas lexy mantep n cocok bgt yah.. Hehehe.
    Ninja 650 ku juga ijo.
    Trim’s info nya mas.

    Like

  14. Budi says:

    Mas Lexy, saya pemakai Vulcan juga, boleh ya mengapikasikan tas samping dan engine protectornya buat Black Vulcan saya.
    Kapan2 kalau mau jalan lagi ajak2 mas….

    Like

  15. adi says:

    om pajak nya kanijo berapa ya ?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s