Wisata ke Desa adat Ratenggaro di pulau Sumba

Brothers & sisters…., Pulau Sumba terkenal memiliki objek wisata yang indah-indah yang rata-rata masih sangat alami. Alami dalam artian belum banyak sentuhan tangan manusia yang membuat objek wisata tersebut tidak lagi seperti apa adanya. Salah satu objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah desa adat Ratenggaro atau perkampungan adat Ratenggaro. Desa ini berisi rumah-rumah adat khas daerah setempat yang telah ada sejak puluhan bahkan mungkin ratusan tahun.

Bagian depan perkampungan

Saya dan istri berfoto di halaman atau bagian depan perkampungan

Di bagian depan perkampungan terdapat halaman yang cukup luas dengan pagar dari batu koral yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk pagar keliling. Jika kita melihat ke belakang maka akan tampak bangungan-bangunan khas beratapkan jerami kering. Bangunan-bangunan ini adalah rumah penduduk setempat. Bangunan ini umumnya memiliki tiang kayu yang kokoh dengan lantai dari bambu tua yang kuat. Semua berlantai dua, lantai dasar atau kolong dipergunakan untuk tempat hewan ternak, dan di atasnya adalah tempat tinggal mereka. Bagian dalam dari bengunan yang menjulang dipakai untuk tempat menyimpan hasil pertanian seperti jagung kering misalnya.

Kehidupan penduduk Ratenggaro

Pada umumnya mereka hidup dari alam sekitarnya, mereka bertani, berternak dan mencari ikan di lautan. Mereka juga membuat kerajinan tangan seperti patung-patung kayu dan menenun kain untuk dipakai sendiri atau dijual. Kehidupan penduduk di sini bisa dikatakan sangat sederhana. Satu rumah besar di perkampungan Ratenggaro ini bisa dihuni oleh 4 keluarga yang pada umum nya masih bersaudara.

Menjual kerajinan tangan untuk suvenir

Menjual kain tenun

Melihat dan mencoba kain tenun produksi masyarakat lokal

Beternak babi, kuda dan kerbau

Pantai Ratenggaro

Di belakang perkampungan ini terdapat pantai yang menyuguhkan pemandangan yang cukup menawan. Kombinasi landscape yang keren dengan pantai berpasir putih bersih dan air yang jernih membuat kita betah untuk menikmatinya. Kalau ingin ke pantai ini kita harus menuruni tebing yang lumayan curam. Kami memilih untuk menikmati pantai dari halaman belakang perkampungan Ratenggaro.

Pengunjung harus memperhatikan apa yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan, sebaiknya bertanya kepada guide atau penduduk setempat

Kami pun berfoto di sini untuk mengabadikan diri bersama pemandangan yang indah-indah ini.

Pemakaman penduduk Ratenggaro

Seperti masyarakat pulau Sumba pada umumnya, penduduk di Ratenggaro membangun makam di dekat rumah mereka. Makam pada umumnya berbetuk kotak dengan berbagai ukuran yang di atas nya ditutup dengan lempengan batu besar. Lempengan batu penutup makam ini terbuat dari pahatan batu utuh, bisa dibayangkan beratnya dan upaya untuk membuatnya. Terdapat pintu yang dapat dibuka dan ditutup untuk memasukkan orang yang sudah meninggal. Makam-makam ini manjadi bagian yang unik yang tidak dapat dipisahkan dari perkampungan adat masyarakat Ratenggaro.

Tampak di belakang batu-batu makam

Batu makam ini cukup besar dan tebal

Lempengan batu penutup terbuat dari batu utuh yang dipahat.

Desa Ratenggaro masih sangat alami memiliki pantai indah yang juga masih sangat alami, penduduk nya ramah dan terbuka kepada pengunjung. Suatu tempat yang layak dikunjungi jika kita sedang berwisata ke pulau Sumba.

About lexyleksono

A man from the country side of Jember - East Java, married and has one daughter. Love to travel, and to explore new things. I love motorcycles and photography. By writing in this blog simply I want to share my life journey with you all (i.e. traveling, photos, motorcycle touring, etc.). Thanks guys for visiting my blog, I hope you like it. Any comment is always welcomed. God bless you all..! Best regards, Lexy Leksono Email : lexy.leksono@yahoo.co.id or lexyleksono@gmail.com Phone : 08129668128 or 087877408314
This entry was posted in Beach, beautiful scenery, Daerah wisata, Indonesia travel destination, landscape, objek wisata, Pantai, Pemandangan Alam, tempat wisata, traveling, Tujuan Wisata and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Wisata ke Desa adat Ratenggaro di pulau Sumba

  1. Pingback: Pemandangan Indah Objek Wisata Tanjung Mareha di Sumba Barat Daya | lexyleksono

  2. Pingback: Pantai Mandorak Serpihan Khayangan di Sumba Barat Daya | lexyleksono

  3. Pingback: Desa tradisional Prai Ijing, Sumba Barat | lexyleksono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s